UNWIRA SELENGGARAKAN PENDIDIKAN AKADEMIK DAN VOKASI

Posted by admin on 07 September 2014 in Kategori | INFO KAMPUS


Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang menyelenggarakan pendidikan akademik dan pendidikan vokasi dalam upaya menghasilkan alumni yang dapat membaktikan dirinya bagi masyarakat. Dalam konteks pendidikan akademik, mahasiswa dituntut untuk menguasai konsep dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu. Sementara dalam konteks pendidikan vokasi, mahasiswa diarahkan untuk memiliki keahlian dalam bidang ilmu terapan tertentu yang dapat langsung diaplikasikan di tengah masyarakat. 

"Stategi belajar yang diterapkan bagi mahasiswa di sini tidak lagi tradisional, tetapi lebih advance, seperti problem base, kontekstual learning, dan project base," kata wakil rektor I Unwira Drs. Kristianus Manek, MSc saat berbicara dihadapan ribuan mahasiswa baru pada kegiatan orientasi studi dan pengenalan kampus (OSPEK) Unwira beberapa waktu lalu. 

Pekenakan kuliah di Uwira, lanjut Manek, tidak belajar pedagogik lagi tetapi adragogy, yaitu cara belajar khusus orang dewasa, belajar secara mandiri, hingga menemukan, memahami, dan menguasai ilmu pengetahunan dan teknologi secara konprehensif. 

Manek juga mengatakan Unwira menekankan pada pembentukan karakter mahasiswa untuk selalu mengabdikan diri bagi masyarakat. "Setiap tahun pasti ada kegiatan kemah kerja bakti mahasiswa (KKBM) yang diselenggarakan oleh setiap fakultas bahkan jurusan. Mahasiswa datang ke daerah seperti di paroki-paroki, sekolah-sekolah, desa-desa yang jauh dari kota. Ini penting untuk membentuk karakternya," ujar Manek menambahkan.

 

 

BERITA TERKAIT

DANA SOLIDARITAS BANTU BANYAK MAHASIWA UNWIRA
Pemkot Kupang Sedikan 1.000 Beasiswa Bagi Mahasiswa Berprestasi
Rektor UNWIRA: Manfaatkan Kesempatan Sebaik-baiknya saat Kuliah
UNWIRA Pastikan 2.154 Mahasiswa Baru Mulai Kuliah
Seminar Perkoperasian dan Pelantikan Rektor Unwira Periode 2013-2017