14 June 2022 - Oleh Kantor Kerja Sama Unwira

Kategori : Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat

Mahasiswa Unwira Wajib Perkenalkan Aplikasi BUMDes Dalam Pelaksanaan KKN Tahun Ini


UNWIRA, KUPANG - Aplikasi BUMDes akan menjadi salah satu program yang ditawarkan mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ini.

Hal ini disampaikan oleh Rektor Unwira Kupang Pater Dr. Philipus Tule, SVD melalui Wakil Rektor (Warek) 1 Samuel Igo Leton kepada Pos Kupang Selasa 14 Juni 2022.

"Unwira saat ini melaksanakan KKN tematik, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan salah satunya adalah pengelolaan BUMDes, jadi nantinya salah satu isu yang kita jual adalah aplikasi BUMDes ini, " jelas Samuel.

Samuel mengatakan, pada bulan Juli nanti mahasiswa akan melaksanakan KKN, pada pelaksanaannya di setiap desa mahasiswa akan membawa program tersebut untuk dikenalkan kepada masyarakat.

"Jadi BUMDes sudah jalan, kami bawa aplikasi ini untuk bantu memasarkan produk masyarakat, " ujarnya.

Aplikasi BUMDes sendiri merupakan aplikasi yang dibuat dari hasil penelitian empat orang akademisi Unwira dari lintas Fakultas, yakni Dr. Samuel Igo Leton, M. Pd dari Pendidikan Matematika, Adrianus Ketmoen, SE, MM dari Ekonomi Pembangunan, Yustina Dwisofiani Lawung, M. Pd dari Pendidikan Kimia, dan Paskalis Ardi Nani, ST, MT dari Teknik Informatika.

Penelitian dilakukan di Desa Subun Tualele Kecamatan Insana Barat Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Akibat dari pandemi Covid-19 membuat aktivitas masyarakat desa terutama di pasar-pasar tradisional menjadi lumpuh, hal inilah yang menjadi alasan utama Unwira membuat aplikasi BUMDes agar dapat membantu masyarakat memasarkan hasil produk mereka.