27 July 2022 - Oleh Kantor Kerja Sama Unwira

Kategori : Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat

Cegah Stunting di Desa Kuanheun, Kecamatan Kupang Barat, Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Buat Kebun Gizi


Cegah Stunting di Desa Kuanheun, Kecamatan Kupang Barat, Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Buat Kebun Gizi

UNWIRA - Dalam upaya mencegah Stunting pada anak usia dini, mahasiswa/i Kuliah Kerja Nyata Tematik - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT-PPM) Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang ikut ambil bagian dalam membuat kebun gizi untuk anak-anak Stunting yang ada di Desa Kuanheun, Kecamatan Kupang Barat, pada Jumat (22/7/2022).

Kebun gizi itu dikerjakan oleh 15 orang mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang. Kebun gizi itu ditanami dengan berbagai buah dan sayuran. Kebun gizi itu terletak di Dusun II Desa Kuanheun.

Baca juga di Pos Kupang: Cegah Stunting Desa Kuanheun Kecamatan Kupang Barat, Mahasiswa KKN Unwira Dirikan Kebun Gizi

Pembentukan kebun gizi itu bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya makanan bergizi bagi tubuh. Dengan begitu, masyarakat bisa melihat dan mengetahui tanaman-tanaman yang baik bagi kesehatan tubuh.

Ketua Kelompok KKNT-PPM Unwira Kupang mengatakan bahwa kebun gizi di Desa Kuanheun itu dapat memberi gizi kepada anak Stunting sekaligus bisa membangkitkan semangat anak-anak untuk hidup sehat dan tumbuh tanpa Stunting.

“Dengan membuat kebun gizi, kami berharap agar kebun itu dapat membantu pencegahan Stunting di Desa Kuanheun, Kecamatan Kupang Barat. Apalagi, fenomena yang sedang menjadi salah satu fokus pemerintah Indonesia saat ini ialah angka Stunting yang tinggi di Indonesia,” sambungnya.

Baca juga: Bersama Dinas PMD NTT, Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Gelar Pelatihan Penguatan BUMDES

Pembuatan kebun gizi bagi anak-anak penderita Stunting dipandu langsung oleh mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang dan dibantu oleh para pemuda Desa Kuanheun. Mereka sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembuatan kebun gizi tersebut.

”Mudah-mudahan, program yang dibawa oleh mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang dapat membawa perubahan untuk Desa Kuanheun, Kecamatan Kupang Barat, terutama untuk anak-anak yang mengalami Stunting,” pungkas Ketua Kelompok KKNT-PPM Unwira Kupang, Desa Kuanheun, Kecamatan Kupang Barat.

Baca juga: Mahasiswa/i Unwira Kupang Menyambangi Desa Oesoko lewat Program KKNT-PPM