27 July 2022 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat

Sambut Tahun Ajaran Baru, SDK Pamakayo Gandeng Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang


Sambut Tahun Ajaran Baru, SDK Pamakayo Gandeng Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang

UNWIRA - Menyambut tahun ajaran baru 2022/2023, Sekolah Dasar Katolik (SDK) Pamakayo, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur, menggelar rapat tahunan bersama dewan komite dan pemerintah desa setempat pada Sabtu (23/7/2022).

Rapat yang dihadiri oleh Kepala Desa Pamakayo, Petrus Kanisius Sani Herin, Ketua Komite SDK Pamakayo, Lodovikus Lebu Herin, bersama sejumlah perwakilan orang tua/wali peserta didik, melibatkan para mahasiswa/i KKNT-PPM dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang.

Baca juga di Pos Kupang: Sambut Tahun Ajaran Baru SDK Pamakayo Gandeng Mahasiswa KKNT-PPM Unwira

Dalam sambutannya, Sani Herin mengungkapkan bahwa upaya menjaga sinergitas antara pemerintah desa, lembaga pendidikan, dan orang tua/wali peserta didik itu penting demi mewujudkan generasi masa depan bangsa dan negara yang unggul. Sani Herin berharap agar segala kekuatan yang telah dibangun selama ini akan terus diperkuat untuk menentukan arah perjalanan SDK Pamakayo selama satu tahun ke depan.

Baca juga: Cegah Stunting di Desa Kuanheun, Kecamatan Kupang Barat, Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Buat Kebun Gizi

Sementara itu, Fransiska Boleng Ledor, Kepala SDK Pamakayo, memaparkan kondisi peserta didik yang selama masa pandemi Covid-19 menemui sejumlah kendala sebagai imbas dari ketiadaan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka. Menurutnya, peserta didik kelas I, II, dan III masih mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis.

“Kami di sini juga mengalami kekurangan tenaga pendidik, sehingga KBM untuk saat ini belum bisa berlangsung secara kondusif. Anak-anak membutuhkan pendampingan ekstra. Untuk itu, kami mengharapkan bantuan mahasiswa/i Unwira Kupang yang sedang menjalankan program KKNT-PPM di desa ini, supaya dapat memfasilitasi peserta didik kami dalam kegiatan belajar di luar sekolah,” tutur Kepala Sekolah yang biasa dipanggil Ibu Fransiska.

Jimmy Paul Lewo Laga, Ketua Kelompok KKNT-PPM Desa Pamakayo, menyatakan kesediaan untuk terlibat dalam rencana tersebut. Ia juga menambahkan bahwa salah satu progran wajib KKNT-PPM Unwira Kupang ialah Aman Calistung (Adikku Mantap Membaca, Menulis, dan Berhitung).

“Program Aman Calistung ini merupakan kontribusi kami sebagai representasi Unwira Kupang dalam membumikan literasi dasar bagi anak-anak,” kata Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Witihama-Kupang Periode 2021/2022 ini.

“Tentu saja, hal ini selaras dengan kebutuhan sekolah, sehingga kami bisa berkolaborasi dengan pihak sekolah untuk mendampingi anak-anak ke depan,” lanjut mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) itu.

Baca juga: Bersama Dinas PMD NTT, Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Gelar Pelatihan Penguatan BUMDES

Lebih lanjut, Lebu Herin memberikan dukungannya kepada pihak sekolah yang akan menggandeng mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang. Ia berharap agar keterlibatan mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang ini dapat membantu anak-anak. Rencananya, selama tiga minggu ke depan, mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang akan melakukan pendampingan belajar di setiap dusun.

Puncaknya, untuk menyongsong perayaan pesta intan SDK Pamakayo pada 1 Agustus 2022 mendatang, sekaligus HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 pada 17 Agustus 2022 nanti, mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang akan menyelenggarakan berbagai lomba dalam bentuk “gebyar calistung” dan literasi bagi anak-anak.