28 July 2022 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat

Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Adakan Program Aman Calistung di SD GMIT Baumata


Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Adakan Program Aman Calistung di SD GMIT Baumata

UNWIRA – Mahasiswa/i Kuliah Kerja Nyata Tematik - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT-PPM) dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang di Desa Baumata, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, menggelar program Aman Calistung (Adikku Mantap Membaca, Menulis, dan Berhitung) bagi siswa/i Sekolah Dasar (SD) GMIT Baumata.

Program tersebut merupakan salah satu dari beberapa program yang dijalankan oleh 16 peserta KKNT-PPM Unwira Kupang yang tergabung dari beberapa program studi. Program itu juga merupakan kegiatan wajib yang diamanatkan oleh kampus sebagai syarat dalam pelaksanaan program KKNT-PPM.

Baca juga di Pos Kupang: Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang Adakan Program Amancalistung di SD GMIT Baumata

Adapun sasaran dari program itu ialah siswa/i SD kelas I, II, dan III. Di samping itu, siswa/i SD kelas IV, V, dan VI yang belum pandai membaca, menulis, dan berhitung diikutsertakan juga dalam program itu.

Program itu tidak hanya berjalan di lingkup sekolah, tetapi siswa/i SD GMIT Baumata juga diberikan waktu tambahan belajar pada sore hari di Kantor Desa Baumata.

Mereka diberi kebebasan untuk belajar di lingkungan kantor desa, seperti di dalam dan luar ruangan. Selain membantu siswa/i SD GMIT Baumata belajar, mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang juga membagikan beberapa buku pedoman belajar yang diberikan oleh kampus untuk siswa/i SD GMIT Baumata.

Jenis buku yang dibagikan itu ada dua, di antaranya buku pengenalan dan pengejaan huruf serta perhitungan bagi siswa/i kelas I SD yang berwarna merah muda, dan buku bacaan IPA ringan bagi siswa/i kelas I, II, dan III SD yang berwarna biru.

Baca juga: Pemerintah Kota Kupang Beri Bantuan WIFI Gratis untuk Unwira Kupang

Saat diwawancarai mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang pada Selasa (19/07/2022), Yunita Lalus, salah satu guru SD GMIT Baumata, mengatakan bahwa siswa/i kelas II SD yang pandai membaca hanya empat orang dari 16 orang yang ada di kelas itu.

"Tentu, kondisi ini merupakan dampak besar yang disebabkan oleh wabah Corona. Untuk itu, kehadiran mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang sangat membantu kami dalam membimbing siswa/i kami. Mereka juga sangat senang karena bisa belajar sambil bermain dan selalu didampingi," tutur Yunita.

“Saya sangat senang karena adik-adik mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang bisa membantu kami dalam mendidik siswa/i SD. Karena biasanya dalam mengajar, saya menggunakan karton huruf dan bernyanyi agar anak-anak tidak merasa bosan. Di samping itu, saya juga memberikan les tambahan di rumah untuk siswa/i yang mau datang dan punya niat belajar," tambah Yunita Lalus.

“Di rumah, saya belajar dengan kaka Marfel. Di sekolah, kalau saya tidak mengerti dengan materi yang ibu ajar, saya tanya ibu dan ibu jawab pertanyaan saya," ungkap Keisya, salah satu siswi SD GMIT Baumata.

Baca juga: Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Giatkan Literasi di SDI Duarato

Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang di Desa Baumata yang berjumlah 16 orang berharap agar program Aman Calistung dapat membantu siswa/i SD GMIT Baumata untuk menjadi lebih aktif dan senang dalam belajar, sehingga mereka dapat membaca, menulis, dan berhitung dengan baik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pihak SD GMIT Baumata atas kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang, sehingga mereka dapat menyalurkan kemampuan yang mereka miliki dalam mengajar siswa/i kelas I sampai III,” pungkas Mawar Wutun, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Desa Baumata.