27 September 2022 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Kegiatan Khusus Kampus

UNWIRA Career Days: Ruang Inkubasi bagi Calon Lulusan


UNWIRA Career Days: Ruang Inkubasi bagi Calon Lulusan

UNWIRA – Menjelang upacara wisuda bagi 862 calon wisudawan/ti, Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang melalui Kantor Kerja Sama dan Pusat Karier UNWIRA menyelenggarakan Hari Karier (Career Days) yang berlangsung selama dua hari, yaitu pada 26 dan 27 September 2022.

Baca juga: Civitas Academica UNWIRA dan Badan Pengurus YAPENKAR Ikuti Acara Penerimaan dan Tatap Muka dengan Visitator Jenderal SVD Sejagat

Dalam sambutannya, Bapak Budhy Benyamin Lily, ST., MT., Ketua Panitia UNWIRA Career Days Periode II Tahun 2022, mengatakan bahwa kegiatan ini didesain sebagai ruang inkubasi bagi calon lulusan UNWIRA, supaya mereka memiliki keterampilan, pengalaman, dan pengetahun tentang peluang dan tantangan di dunia kerja.

“Melalui kegiatan yang bertajuk Mapping The Future: Be Creative! Be Independent! ini, UNWIRA berusaha mendorong para calon lulusan untuk berwirausaha. Untuk tujuan ini, panitia melibatkan 13 mitra untuk membagi pengalaman kerja mereka kepada para calon lulusan,” ungkap Dosen Arsitektur UNWIRA yang biasa disapa Pak Budhy.

“Ada tiga kegiatan inti dalam UNWIRA Career Days, yaitu seminar karier, workshop karier, dan expo karier,” ujarnya.

Selain itu, Dosen Arsitek yang lahir pada tahun 1985 ini juga mengatakan bahwa kegiatan workshop dalam Career Days pada Periode II ini cukup berbeda dengan Periode I pada 14-15 Maret 2022 lalu.

“Pada Periode I, para calon lulusan dibagi ke dalam beberapa kelas. Namun, kali ini, para lulusan disatukan dalam satu ruangan,” ujar Budhy.

Baca juga: Perwakilan Mitra Kegiatan UNWIRA Career Days Periode II Tahun 2022 Ajak Calon Lulusan UNWIRA Kembangkan Hard Skills dan Soft Skills

Tentang informasi dan pengumuman kegiatan UNWIRA Career Days, Budhy menjelaskan bahwa Panitia telah menyebarkan sejumlah pamflet ke setiap media sosial. Di samping itu, Panitia juga telah menyiapkan banner sebelum kegiatan ini dijalankan.

“Saya berharap, para calon lulusan antusias mengikuti kegiatan tersebut,” kata Budhy.

Kegiatan yang terpusat di Kampus Penfui UNWIRA itu melibatkan ratusan calon wisudawan/ti UNWIRA Periode II Tahun 2021/2022. Pada hari pertama, sekitar seratus calon lulusan yang diutus dari setiap program studi mengikuti seminar karier di Auditorium St. Paulus UNWIRA. Sementara itu, ada kurang lebih empat ratus peserta lainnya hadir secara daring melalui Aplikasi Zoom.

Baca juga: Dilibatkan dalam UNWIRA Career Days 2022, Ini Komentar Para Mitra

Di ruang seminar, para calon lulusan berdialog dengan para mitra yang diundang Panitia. Peserta daring juga ikut bertanya. Hal ini tergambar melalui pertanyaan-pertanyaan yang mereka tulis melalui kolom chat pada Aplikasi Zoom.

Pada hari kedua, kegiatan seminar dan expo career terpusat di Aula St. Maria Immaculata Kampus Penfui UNWIRA dan berlangsung secara offline. Berbeda dari hari pertama, pada hari kedua jumlah peserta semakin banyak. Sebagian besar stand expo juga sudah terisi sejak pagi hari.

Selain anggota Panitia, UNWIRA Career Days juga turut disaksikan oleh sejumlah dosen dan pimpinan UNWIRA, di antaranya Dr. Maximus M. Taek, Kepala LPPM UNWIRA; Drs. Servatius Rodriques, M.Si., Wakil Rektor III UNWIRA; Dr. Priscilla M. A. Hornay, Kepala Kantor Kerja Sama dan Pusat Karier UNWIRA; dan Dr. Isabel Coryunitha Panis, Kepala Pusat Informasi dan Teknologi Pembelajaran UNWIRA. Sebelum dan setelah menyimak materi yang dibawakan oleh para narasumber, para calon lulusan mengunjungi stand expo dan beramah tamah dengan tim mitra yang menjajakkan produk di setiap stand expo di Aula St. Maria Immaculata.

Baca juga: Bahas Beberapa Agenda Penelitian, Para Dosen dan Mahasiswa/i FMIPA UNPAR dan UNWIRA Beraudiensi dengan Gubernur NTT