24 September 2022 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Kegiatan Khusus Kampus

NEWSLETTER UNWIRA SPECIAL EDITION 24 SEPTEMBER 2022 (IN THE SERVICE OF GOD AND HUMANITY FOR 40 YEARS)


 NEWSLETTER SPECIAL EDITION 24 SEPTEMBER 2022 (In The Service of God and Humanity for 40 Years)

I. PENDAHULUAN

Dengan penuh sukacita dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Penyayang, saya menginformasikan kepada kalian semua bahwa pada tahun 2022, Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang merayakan hari ulang tahunnya yang ke-40 (ber-Pancawindu). Peringatan yang sangat istimewa ini akan dirayakan pada tanggal 24 September 2022, dan pada pekan berikutnya akan ada 882 mahasiswa/I-nya yang diwisuda pada tanggal 01 Oktober 2022. Sehubungan dengan ulang tahun ini, atas nama seluruh civitas academica UNWIRA, saya mengundang anda untuk hadir bersama kami dalam perayaan tersebut. Saya juga berterima kasih atas kesediaan kalian semua untuk senantiasa mendukung lembaga ini secara moral, spiritual, dan materil. Sekarang, saya akan menyajikan sejarah singkat, pengembangan, dan pembaruan terkini dari UNWIRA.

II. LATAR BELAKANG DAN SEJARAH

  • Sejarah

Universitas Katolik Widya Mandira, disingkat UNWIRA, lahir dari Rahim Kongregasi Serikat Sabda Allah (SVD) dan Gereja Katolik Nusa Tenggara. Ia lahir dari keprihatinan terhadap masih sangat terbatasnya wadah bagi pengembangan kualitas awam Katolik NTT, khususnya lewat pendidikan tinggi. Kenyataan juga, bahwa masih sedikit jumlah lulusan Sekolah Menengah di NTT yang mempunyai akses  ke perguruan tinggi yang bermutu di pulau Jawa dan Bali.  Nama  Widya  Mandira (bahasa Sansekerta), yang berarti "Menara Ilmu Pengetahuan", dicetuskan pertama kali oleh almarhum P. Dr. Van Trier, SVD pada tahun 1958 berkenaan dengan rencana Pembukaan Universitas Katolik di Ende - Flores masa itu. Rencana ini kemudian belum  dapat dilaksanakan.

Keinginan  untuk mendirikan sebuah Universitas Katolik di NTT muncul kembali pada akhir tahun 1970-an. Dalam Sidang Regio Nusa Tenggara di kampus Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero, Maumere - Flores Tahun 1978 rencana pendirian UNWIRA dimulai kembali. Kemudian wacana itu dimatangkan dalam musyawarah antar pimpinan Gereja se-Nusa Tenggara dan para tokoh awam katolik  di Kupang pada tanggal 11-12   Desember 1981. Musyawarah ini melahirkan Yayasan Pendidikan Katholik Arnoldus (YAPENKAR) dengan Akta Wakil Notaris Silvester Joseph  Tjung,  SH.,  Nomor  722  Tanggal  12 Desember   1981 (yang kemudian direvisi   dan   dikukuhkan   pada tanggal 19 Juli 1986 dengan Akta nomor 119). Yayasan ini, pada tanggal 15 Desember 1981, membentuk Panitia  Persiapan Pembangunan Universitas Katolik Widya Mandira. Setelah matang persiapannya, maka pada Hari Raya Khabar Sukacita, tanggal 25 Maret 1982, Dewan Pimpinan YAPENKAR, yang diketuai Uskup Kupang waktu itu Mgr. Gregorius Monteiro, SVD dengan Surat Keputusan Nomor 01 Tahun 1982, menyatakan berdirinya Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA). Kuliah Perdana dari Universitas baru ini dimulai pada tanggal 24 September 1982, tanggal yang kemudian ditetapkan sebagai DIES NATALIS UNWIRA.

Gambar 1: Kampus I UNWIRA, Jalan Jend Achmad Yani No.50-52, Merdeka, Kupang, Nusa Tenggara Timur 85211.

  • Asas dan Spiritualitas

UNWIRA berasaskan Pancasila dan bernafaskan iman Katolik. Atribut Katolik menjadi ciri khas universitas yang mengacu kepada nilai-nilai dan semangat yang bersumber dari iman dan ajaran Gereja Katolik. UNWIRA didirikan terutama untuk mengemban misi Gereja Katolik dalam mewujudkan panggilannya mendorong setiap   manusia (tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan) dan masyarakat untuk mengembangkan bakat-bakat insani demi mencapai martabatnya sebagai pribadi dan masyarakat yang manusiawi. Spiritualitas dasar UNWIRA, yang diinspirasi oleh spiritualitas Pelindungnya, St. Arnoldus Janssen, adalah Ut Vitam Habeant Abundantius – “Agar mereka memperoleh hidup dan memperolehnya dalam segala kelimpahannya”, yang dikutip dari doa Yesus, Sang Gembala yang baik (Yoh. 10:10).

  • Visi dan Misi

Visi UNWIRA adalah “Menjadi Komunitas Pendidikan dan Komunitas Ilmiah yang unggul dan kreatif, berdasarkan nilai-nilai Kristiani, berwawasan global, dan berakar pada budaya lokal”.

Untuk mencapai Visi itu, maka ada 6 (enam) Misi yang dijalankan yaitu:

  1. Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi berdasarkan standar-standar yang berlaku.
  2. Mengembangkan tata kelola yang profesional dan taat asas dalam rangka meningkatkan daya saing institusional (Usulan sesuai kebutuhan Isu strategis bab 4 dan tuntutan akreditasi)
  3. Mewujudkan spiritualitas Sang Sabda menurut kesaksian St. Arnoldus Janssen.
  4. Mengembangkan dialog yang terbuka dan membangun jejaring kerjasama secara lokal, nasional dan internasional.
  5. Menghasilkan lulusan yang bermutu, berkarakter unggul, kreatif dan inovatif.
  6. Menggali kearifan lokal dan mengembangkan budaya masyarakat NTT.

III. PERKEMBANGAN FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI  

Pada saat awal pendiriannya, UNWIRA hanya terdiri dari 3 Fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik yang berkedudukan di Kupang dan Fakultas Filsafat dan Teologi Katolik yang berkedudukan di Ledalero, Maumere  -  Flores. Fakultas Filsafat dan Teologi Katolik ini setahun kemudian  (1983) kembali berdiri sendiri  dan pada tahun yang sama berdiri lagi  Fakultas Ekonomi.

Setelah dua tahun berjalan UNWIRA membuka satu Fakultas baru, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan  Ilmu  Politik (FISIP). Pada Tahun Akademik 1986-1987 dibuka lagi Fakultas Hukum. Pada Tahun Akademik 1991-1992 dibuka Fakultas Filsafat dan pada Tahun Akademik 1995-1996 dibuka Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Pada Tahun Akademik 2000-2001 UNWIRA kembali membuka lima (5) Program Studi baru jenjang Strata Satu (Sl) yaitu Program Studi Pendidikan Sendratasik pada FKIP, Teknik Informatika pada Fakultas Teknik, Program Studi Akuntansi dan  Pascasarjana Magister Manajemen Jenjang Strata Dua (S2) pada Fakultas Ekonomi, Program Studi Ilmu Komunikasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sehingga pada saat merayakan Pancawindu UNWIRA memiliki 7 Fakultas yang mengelola 21 Program Studi, dan semuanya telah terakreditasi oleh BAN-PT, dan  secara institusi terakreditasi BAIK SEKALI oleh  BAN-PT.

Berbagai Fakultas dan Program Studi (S1) itu adalah: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  dengan Program Studi Bimbingan dan Konseling; Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris; Program Studi Pendidikan Matematika; Program Studi Pendidikan Biologi; Program Studi Pendidikan Kimia; Program Studi Pendidika Fisika; Program Studi Pendidikan Musik. Fakultas Teknik dengan Program Studi Teknik Sipil; Program Studi Arsitektur; Program Studi Ilmu Komputer. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan Program Studi Ilmu Pemerintahan; Program Studi Administrasi Publik; Program Studi Ilmu Komunikasi.  Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) dengan Program Studi Ekonomi Pembangunan; Program Studi Manajemen; Program Studi Akuntansi. Fakultas Hukum dengan satu Program Studi Hukum  Fakultas Filsafat dengan satu Program Studi Ilmu Filsafat.  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan Program Studi Kimia dan Program Studi Biologi. Sedangkan Program Studi (S2) hanya terdiri dari Magister Manajemen dengan beberapa konsentrasi yaitu Manajemen SDM, Manajemen Keuangan Perusahaan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Pendidikan; Manajemen Keuangan Daerah , dan Manajemen Rumah Sakit.

Pada saat berdirinya semua kegiatan perkuliahan UNWIRA hanya terkonsentrasi di Kampus Merdeka (di Jln Jend Ahmad Yani, no.50 - 52) di atas tanah sekitar 2,5 hektar. Namun  kini UNWIRA telah memiliki kampus kedua di kawasan Penfui, di Jln. San Juan 1, Penfui Timur di atas tanah seluas 40-an hektar dengan berbagai fasilitas gedung bertingkat 3 dan 4 yang sangat memadai.

Gambar 2: Kampus II UNWIRA, Jln. San Juan 1, Penfui Timur, Kupang, Nusa Tenggara Timur

IV. ALUMNI DAN KEGIATAN CAMPUS MINISTRY

  • Alumni

Sejak wisuda perdana tahun 1988 s/d wisuda bulan Oktober 2022, UNWIRA telah meluluskan 18.341 orang Sarjana dan Magister dengan rinciannya sebagaimana dalam tabel berikut.

No

Fakultas

Pria

Wanita

Total

1

FKIP

2.738

4.159

6.897

2

TEKNIK

1.948

722

2.670

3

EKONOMI

1.965

2.202

4.167

4

FISIP

1.382

758

2.140

5

HUKUM

682

255

937

6

FILSAFAT

1.204

20

1.224

7

MIPA

91

215

306

 

Total Universitas

10.010

8.331

18.341

Gambar 3: Wisudawan/ti UNWIRA

  • Kegiatan Campus Ministry

Universitas Katolik Widya Mandira merupakan lembaga pendidikan yang bertugas untuk mengembangkan potensi diri segenap Civitas Akademika agar menjadi pribadi yang integral dan memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang  berguna untuk diri sendiri dan masyarakat.   Dalam proses mewujudkan nilai-nilai tersebut, Unika Widya Mandira memiliki unit-unit pelayanan antara lain   Campus Ministry, yang melayani dengan merujuk pada Pedoman Campus Ministry Unika Widya Mandira. Campus Ministry adalah lembaga pelayanan kerohanian bagi seluruh Civitas Akademika (meliputi para dosen, para tenaga administrasi, para karyawan/karyawati dan mahasiswa).  Kegiatan Campus Ministry telah dikoordinasi lebih baik dengan Warek III dengan melibatkan para Penghuni asrama Rusunawa dan penerima beasiswa lebih dilibatkan bersama Peer Ministry dalam kegiatan Campus Ministry (Secara terperinci bdk. Buku Pedoman Campus Ministry Unika Widya Mandira dengan tujuan, visi, misi dan tupoksinya). Juga sejak 2 tahun terakhir,  mulai dari bulan Juli 2021 sd Juni 2022 Campus Ministry melakukan kegiatan antara lain sebagai berikut:

  1. Pengembangan karakter mahasiswa berlandaskan Spritualitas Arnoldus yang dilakukan per program studi mengisi masa Adventus November – Desember 2021 dan Prapaska Maret – April 2022. Melibatkan 18 Program studi, dilakukan di setiap program studi, melibatkan peer ministry sebagai fasilitator.
  2. Merekrut dan Membina kegiatan Peer Ministry, khususnya dari Asrama Putri di Rusunawa dan para penerima beasiswa yang beragama Katolik.
  3. Melaksanakan Misa setiap hari Jumat yang ditanggung oleh masing-masing Program Studi secara bergilir.
  4. Bulan Oktober 2021 mengadakan Living-Rosario, dan Ziarah Bulan Rosario bersama Peer Ministry dan Rusunawa.
  5. Februari 2022 mengadakan valentine days peer ministry.
  6. Bulan Mei 2022 kuis, renungan dan lomba lagu Maria.
  7. Kegiatan Halal Bihalal Ramadhan 2022.

V. PENELITIAN DAN PUBLIKASI

  • Jurnal Ilmiah

Sebagai media untuk publikasi hasil penelitian dosen, LPPM Unika Widya Mandira dan beberapa fakultas/program studi telah menerbitkan 12 jurnal ilmiah ber-ISSN. Sepuluh (10) di antaranya lahir dalam kurun waktu 2009-2017, termasuk jurnal LPPM (yang bernama Prajna) yang mulai diterbitkan lagi pada tahun akademik yang lalu (sebelumnya berhenti terbit). Bahkan Jurnal ARTEKS sejak tahun 2018 terindeks Portal Garuda, Crossfer, academia.edu, google scholar, Zenodo, One search perpusnas, Open Science, Wordcat, Open Aire; dan sekarang sedang memproses pengajuan untuk DOAJ menuju ARJUNA. Jurnal ARTEKS dari Program Studi Tehnik Arsitektur sudah terakreditasi Sinta 2, dan sedang berproses ke Sinta 1 dan SCOPUS (bdk. Surat Electronic dari titlesuggestion@scopus.com tertanggal 21 Juni 2020 dengan catatan bahwa “If in the future these / the Scopus comments are addressed, you may decide to submit a new application at any time after the following date: June 2022).

  • UNWIRA Press

Keberadaan Unika Widya Mandira Press sebagai Academic Press yang telah dirintis beberapa tahun yang lalu akan menjadi daya dongkrak bagi semangat akademik para dosen dan mahasiswa untuk meneliti dan menulis serta menerbitkan. Sebagai satu Unit baru yang tak terpisahkan dari LPPM, UNWIRA Press akan menjadi pendukung utama Divisi Penerbitan dan Publikasi dari LPPM untuk menangani penerbitan buku, urusan ISBN dan HKI. Sedang diwacanakan pula pembentukan Sentra HKI di UNWIRA. Sampai dengan tahun 2022 ini, sudah ada sejumlah buku yang dipublikasikan oleh UNWIRA Press yakni Sosiologi Kontemporer: Memotret Realitas Sosial Masyarakat NTT (2016 – P. Paul Nganggung), Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (2019 – Dr. Vian Watu dan Drs. Kornelis Bria), Language Testing (some practical insight) for Teachers of English in Indonesia (2019 – Dr. Damianus Talok),  Mengenal Kebudayaan Keo : Dongeng, Ritual dan Organisasi Sosial (2019 – P. Dr. Philipus Tule, SVD), dan Maria dalam Sejarah Keselamatan ( 2020 – RD. Hironimus Pakaenoni, L.Th), Etnomedisin (2021, Dr. Maximus Taek), dan Keputusan Moral Cinta Kasih dan Situasi (2022, KOSAT-Oktovianus).

  • Publikasi Jurnal yang Terindex Scopus

Ada beberapa tulisan dan hasil penelitian yang sudah dipublikasi di jurnal yang terindex Scopus, di antaranya:

a. Getrudis Wilhelmina Nau dan Maria Novita Inya Buku. 2020.   Inventory of Woody Plants in The Forest Area of Mount Mutis Nature Preserve in East Nusa Tenggara, Indonesia,  dalam Asian Journal of Conservation Biology, Vol.9, no.2, Dec.2020, pp. 214-220.

b. Maximus M. Taek, Gerardus D. Tukan, Bambang E.W Prajogo, dan Mangestuti Agil, 2021.  Antiplasmodial Activity and Phytochemical Constituents of Selected Antimalarial Plants Used by Native People in West Timor Indonesia, dalam Galenos, vol. 18, no. 1, pp. 80 – 90.

c. Reginaldo Christophori Lake, Fransiscus X. Eddy Arinto, Yohanes Djarot Purbadi, Yohanes Basuki Dwisusanto, Elvis Albertus Bin Toni, dan Robertus Mas Rayawulan, 2020.  Architecture Expression: Synthesized Architectural Expressions in Mayor’s Office Building of Kupang City, dalam Local Wisdom, Vol.12, No. 2, pp. 135 – 147.   

d. Maximus M. Taek, Leonardus Banilodu, Gregorius Neonbasu, Yohanes Vianney Watu, Bambang Prajogo E. W., dan Mangestuti Agil. 2019. Ethnomedicine of Tetun Ethnic People in West Timor Indonesia: Philosophy and Practice in The Treatment of Malaria, dalam Integrative Medicine Research, Vol. 8, pp. 139 – 144.  

e. Chatarina Gradict Semiun, Catur Retnaningdyah, dan Endang Arisoesilaningsih. 2020.  Structural Modelling of Riparian Tree Diversity and Ecosystem Degradation Roles in Determining The Water Quality of Springs and Its Drains in East Java, dalam Journal of Degraded and Mining Lands Management. Vol. 8, No. 1, pp. 2431 – 2438.

f. Yolinda Yanti Sonbay dan Bambang Tjahjadi. 2022. Cultural Challenges in Implementing Village Funds Management System in Achieving Good Village Governance. In International Journal Public Sector Performance Management. Vol. 10, No. 1, pp.…

g. Florentina Saji Hasti, Aloisius Masan Kopon, Anselmus Boy Baunsele, Maria Benedikta Tukan, Maria Aloisia Uron Leba, Erly Grizca Boelan, dan Faderina Komisia.. 2022. Identification of Phytochemical Extract of A Combination of Young Cocounut Water, Ginger, and Turmeric, dalam Indonesian Journal of Chemical Research. Vol. 9, No.3, pp. 208 – 214.

h. Gregor Neonbasu, SVD. 2022. Perspektif Budaya Maritim Indonesia (Sebuah Refleksi Sejarah Antropologi Oseania, dalam Etnoreflika: Journal Sosial dan Budaya.  Vol. 11, No. 2, pp. 152 – 167.

i. Madar Aleksius, Floribertha Lake, Elisabet Andriyanti Werang, dan Maria Febriani Seran. 2022.  Exploring EFL Students’ Perceptions of Google Classroom as Learning Management System, dalam Voles: Voices of English Language Education Society. Vol. 6, No.1. pp. 175 – 187.

j. Aloisius M. Kopon, Anselmus B. Baunsele, dan Erly G. Boelan. 2020. Skrining Senyawa Metabolit Sekunder Ekstrak Metanol Biji Alpukat (Persea Americana Mill.) Asal Pulau Timor, dalam Akta Kimindo. Vol. 5, No. 1, pp. 43 – 52.

k. Paulina Aliandu.. 2015. Sentiment Analysis to Determine Accommodation, Shooping and Culinary Location on Foursquare in Kupang City, dalam Procedia Computer Science. Vol. 72, pp. 300 – 305.

l. Gregor Neonbasu, SVD. 2013. An Outline of Humanity (A Travel Back into The Local Context, dalam Anthropos Journal. Vol. 108,  pp. 163 – 172.

VI. PERKEMBANGAN UNWIRA SAAT INI

Memasuki usia Pancawindu (40 tahun) pada tahun 2022 ini, UNWIRA semakin menunjukkan kematangannya sebagai sebuah Perguruan Tinggi yang memiliki warna khas di NTT, bahkan di kawasan Timur Indonesia. Sejalan dengan komitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas lulusannya dan mempersembahkan sumber daya manusia yang bermutu ke tengah masyarakat, UNWIRA tak henti-hentinya melakukan pembenahan dalam seluruh proses penyelenggaraan Tridharma (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat). Hal itu terbukti dalam meningkatnya status perankingan menurut Webometrics, baik secara nasional maupun internasional. Webometrics Ranking of World Universities adalah hasil inisiatif Cybermetrics Lab, sebuah grup riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC). Lembaga ini adalah organisasi riset terbesar di Spanyol. Webometrics tak hanya memberi informasi tentang universitas di dunia, tetapi juga di tiap negara, termasuk di Indonesia. Untuk skala NTT, Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang pernah menduduki peringkat 230 nasional atau peringkat 1 di Provinsi NTT (https://rakyatntt.com/daftar-10-perguruan-tinggi-terbaik-di-ntt-2020-versi-webometrics/). Hal itu menunjukkan bahwa peringkat Perguruan Tinggi di NTT turun dibanding dengan Edisi Juli 2020 di mana Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang yang menempati peringkat 1 NTT dan pernah masuk ke peringkat 139 nasional dan digeser oleh UNWIRA.  Sementara itu, berdasarkan publikasi Webometrics Edisi Juli 2021, UNDANA menempati peringkat 147 dari 2.593 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia (https://kupang.tribunnews.com/2021/06/26/di-ntt-UNWIRA-ungguli-undana-ini-daftar-50-universitas-terbaik-di-indonesia-versi-webometrics-2021). Dengan demikian, UNDANA kembali menempati peringkat satu di Provinsi NTT, sekaligus menggeser UNWIRA. Selanjutnya, pada Webometrics Edisi Juli 2022, UNDANA dan UNWIRA digeser oleh Politeknik Negeri Pertanian Kupang yang menduduki posisi pertama dari sederetan PTN dan PTS di NTT (http://www.citrabakti.ac.id/2022/02/12/yuk-mengenal-kampus-kampus-di-ntt-beserta-ranking-globalnya/).

Dalam berkompetisi secara akademis di tingkat provinsi, nasional dan internasional, UNWIRA sudah, sedang dan akan senantiasa mengembangkan tiga jenis keunggulan sebagai trade-mark-nya yaitu keunggulan akademik, karakter lulusan, dan citra lembaga. Ada banyak program kerja yang telah ditetapkan untuk mengejar tujuan tersebut. Namun, di atas segala-galanya, ada satu perkembangan baru di UNWIRA, yaitu terselesainya pembangunan Kampus II di Jln. San Juan 1, Penfui Timur untuk 4 (empat) Fakultas (Filsafat, Teknik, FISIP, FKIP).

Gambar 4: Gerbang Masuk Kampus II UNWIRA

Gambar 5: Pelataran UNWIRA Kampus Penfui

Dengan semangat pelayanan yang sama, UNWIRA Melayani dengan Hati (“We Serve with Heart”), yang mendukung perwujudan motto “Ut  Vitam Habeant  Abundantius” sebagai etos kerja. Para dosen mengajar dengan hati seorang bapak dan ibu. Di samping itu, para pegawai melayani para mahasiswa dan sesama rekan kerja dengan hati seorang sahabat. Lebih dari itu, para pejabat Universitas dan Fakultas melakukan koordinasi dengan hati seorang gembala.

VII. PENUTUP

UNWIRA merayakan hari ulang tahunnya yang ke - 40 tahun ini (1982 - 24 September- 2022). Sebagai universitas besar, UNWIRA telah menghasilkan sejumlah besar alumni yang terlibat dalam berbagai jenis misi di seluruh dunia. Kami memiliki misi yang jelas, yaitu untuk melayani Tuhan dan seluruh umat manusia. Misi ini akan dimungkinkan dengan keterlibatan Tuhan Kita Yang Penuh Belas Kasih dan orang-orang yang begitu baik dan penuh cinta di universitas ini. Keyakinan kami akan kehadiran Tuhan di tengah lembaga UNWIRA serta komitmennya yang tiada putus pada pelayanan akan Tuhan dan Kemanusiaan diilustrasikan dengan baik dalam motto UNWIRA: Ut Vitam Habent Abudantius (Yoh. 10.10). Kami berterima kasih atas dukungan kalian semua untuk UNWIRA di masa lalu dan atas dukungan kalian semua yang berkelanjutan di masa depan.

 

CONGRATULATIONS

dan

AD MULTOS ANNOS, UNWIRA.

Parade Gambar Pancawindu

Gambar 6: Misa Pancawindu UNWIRA Tanggal 24 September 2022.

Gambar 7: Pemotongan Tar Pancawindu oleh Rektor UNWIRA, Pater Dr. Philipus Tule, SVD., disaksikan oleh Pater Yulius Yasinto, SVD (Ketua Pengurus Yapenkar) dan Pater Yustinus Didimus Nai, SVD (Provinsial SVD Timor).

Gambar 8: Para Mahasiswa/i UNWIRA Menari dan Bergembira Ria.

Gambar 9: Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Bapak Johnny Gerard Plate, S.E., Mengunjungi UNWIRA pada tanggal 23 Februari 2022.

 

Ikuti Kami

Website           : www.unwira.ac.id

Email              : rektorat.unwirakupang@gmail.com

Youtube         : Universitas Katolik Widya Mandira

Facebook        : Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira)