15 October 2022 - Oleh Kantor Kerja Sama Unwira

Kategori : Kegiatan Khusus Kampus

HMPS Ekonomi Pembangunan UNWIRA Gelar Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar


HMPS Ekonomi Pembangunan UNWIRA Gelar Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar

UNWIRA - Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang menggelar Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) pada Sabtu (15/10/2022) di Aula B-301, kampus Merdeka, UNWIRA Kupang.

LKTD dengan tema "Membentuk Pribadi Berkarakter dan Pemimpin yang Kreatif" itu diikuti oleh 153 peserta mahasiswa/i Prodi Ekonomi Pembangunan UNWIRA.

Baca juga: Bertemu Menteri Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Timor Leste, UNWIRA Sampaikan Beberapa Agenda Kerja Sama

Ada beberapa narasumber yang hadir dalam kegiatan tersebut, di antaranya Fransiskus Pati Herin, S.Pd (Wartawan Kompas) yang membawakan materi berjudul “Kemampuan Public Speaking dan Publikasi”, Ernesta Uba Wohon, SH., M.Hum (Dosen Hukum UNWIRA) yang membawakan materi berjudul “Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi dan Partisipasi Mahasiswa”, Veronika Ata Palla, SH., M.Hum (Ketua KPA Provinsi NTT) yang membawakan materi berjudul “Kesetaraan Gender dan Perubahan Iklim”, dan Gusti Brewon, ST (Mantan Anggota Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi NTT) yang membawakan materi berjudul “Motivasi Berorganisasi bagi Mahasiswa”.

Kegiatan LKTD itu dibuka oleh Ibu Emiliana Martuti Lawalu, SE., ME., Kaprodi Ekonomi Pembangunan.

Martuti mengajak semua peserta untuk berproses dan mengikuti dengan baik kegiatan LKTD itu, supaya para peserta dapat menjadi mahasiswa/i dan aktivis yang tuntas.

"Mari berproses melalui belajar, berlatih, mendengarkan, berdiskusi, dan berkompetisi secara baik untuk bisa menjadi mahasiswa/i dan aktivis yang tuntas," kata Emiliana.

Baca juga: UNWIRA Ikuti Indonesian Education Fair 2022 di Dili, Timor Leste

Menurut Martuti, pembentukan karakter dan kedisiplinan dalam rangka menciptakan lulusan yang unggul dan berkepribadian baik adalah sesuatu yang akan selalu dilakukan di UNWIRA.

“Di UNWIRA, setiap angkatan akan mengalami proses tersebut. Oleh karena itu, kegiatan LKTD menjadi sangat penting untuk dilaksanakan dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa/i di setiap prodi. Demikian juga dengan para mahasiswa/i prodi Ekonomi Pembangunan,” tutur Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan kelahiran Kupang, 22 Maret 1980.

Selain untuk membentuk karakter mahasiswa, lanjut Emiliana, tujuan dari kegiatan LKTD ialah untuk melatih, memberikan motivasi, mengedukasi, berbagi ilmu pengetahuan teoritis dan konseptual, serta berbagi pengalaman-pengalaman praktis dan empiris tentang cara yang baik untuk menjadi seorang pemimpin di level organisasi maupun bidang lainnya.

Baca juga: Wujudkan Kampus dan Sekolah Bersinar, BNNP NTT Selenggarakan Rapat Konsolidasi dengan Lembaga Pendidikan di NTT

“Sebab, para narasumber yang diundang adalah orang-orang yang kompeten dan mempunyai pengalaman di berbagai macam bidang pengabdian, sehingga materi-materi yang diberikan juga sangat kaya dan multi perspektif. Oleh karena itu, saya mengajak semua peserta untuk antusias mengikuti LKTD tersebut karena mental, spiritual, dan karakter akan terbentuk ketika para peserta berproses dalam kegiatan-kegiatan positif semacam LKTD ini,” ujar Emiliana.