31 October 2022 - Oleh Kantor Kerja Sama Unwira

Kategori : Kegiatan Mahasiswa

Ikuti Lomba Solo Seriosa Putra Tingkat Nasional, Mahasiswa UNWIRA Raih Juara Satu


Ikuti Lomba Solo Seriosa Putra Tingkat Nasional, Mahasiswa UNWIRA Raih Juara Satu

UNWIRA - Dua mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang menorehkan prestasi di tingkat nasional dalam kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas), khususnya dalam cabang Lomba Solo Seriosa Putra. Mewakili Nusa Tenggara Timur (NTT), Dominikus Dionisius Temdy Tukan dan Yohanes Herywan mengikuti perlombaan itu pada tanggal 25-28 Oktober 2022. Sebagai salah satu kompetisi mahasiswa di bidang seni di tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia, Peksiminas itu dilaksanakan di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur.

Baca juga: UNWIRA Laksanakan Pertemuan Bertajuk “Akselerasi Lektor Kepala dan Guru Besar” dengan LLDIKTI Wilayah XV

Dominikus Dionisius Temdy Tukan, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Musik UNWIRA semester V, adalah Peserta Lomba Solo Seriosa. Doddy, sapaan akrabnya, ditemani oleh Yohanes Herywan, seorang Pianis (Pengiring).

Dalam perlombaan itu, Doddy Tukan berhasil meraih juara 1 (satu).

“Setelah dipilih dan diutus untuk menjadi Peserta Lomba Solo Seriosa dari UNWIRA dan NTT, saya bangga, tapi sedikit takut. Sebab, saya akan membawa nama universitas dan provinsi. Oleh karena itu, supaya bisa tampil maksimal, saya harus latihan setiap hari,” kata Doddy.

Baca juga: HMPS Ekonomi Pembangunan UNWIRA Gelar Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar

Menurut mahasiswa kelahiran Flores Timur, 25 Mei 2000 itu, hal-hal penting yang mendukung kesuksesannya ialah doa dan restu orangtua, doa dan dukungan dari Bapak/Ibu Dosen UNWIRA, doa dan dukungan dari para pegawai UNWIRA, serta dukungan dari Pimpinan UNWIRA, khususnya Bapak Drs. Servatius Rodriques, M.Si., selaku Wakil Rektor III UNWIRA.

“Setelah meraih juara 1 (satu) dalam kompetisi itu, saya merasa tidak percaya karena saingan dari kami itu berasal dari kampus-kampus atau universitas-universitas yang sering menjuarai kompetisi itu dan memiliki pembinaan dan pendidikan khusus di bidang Seriosa. Namun, saya juga merasa bangga dan terharu dengan keberhasilan itu karena kami juga mampu melampui teman-teman yang berasal dari kampus-kampus atau universitas-universitas unggulan di bidang Seriosa,” tutur Doddy.

Baca juga: Bertemu Menteri Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Timor Leste, UNWIRA Sampaikan Beberapa Agenda Kerja Sama

Saya berharap, lanjut Doddy, mahasiswa/i UNWIRA tidak menutup diri untuk mencoba hal-hal baru dan mengikuti lomba-lomba, serta tidak menutup diri untuk mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki.

“Untuk Bapak/Ibu Dosen UNWIRA, saya berharap agar mereka selalu mendukung dan memberikan saran, latihan, dan juga hal-hal yang baik bagi semua mahasiswa/i untuk mengembangkan bakat. Di samping itu, saya juga berharap agar kampus tidak memberatkan mahasiswa/i untuk mengikuti lomba. Sebab, kampus pada umumnya masih meragukan kemampuan mahasiswa/i UNWIRA untuk mengikuti lomba yang bertaraf nasional dan dilaksanakan secara luring. Dengan prestasi saya, semoga kampus ke depannya bisa membuka mata bahwa tidak semua mahasiswa/i yang mengikuti lomba tidak akan menghasilkan sesuatu. Saya yakin bahwa semua mahasiswa/i yang mengikuti lomba akan berusaha semaksimal mungkin,” tegas Deddy.

Terhadap prestasi yang dipersembahkan Deddy Tukan dan Iwan Herywan, Bapak Drs. Servatius Rodriques, M.Si., selaku Wakil Rektor III UNWIRA, mengatakan bahwa UNWIRA patut bersyukur dan tentunya memberikan pujian kepada mereka.

“Mereka luar biasa. Mereka telah mengangkat citra UNWIRA dan NTT, sehingga NTT bisa masuk ke dalam 10 besar secara nasional. Semua itu berdampak terhadap pemeringkatan Perguruan Tinggi,” pungkas Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan UNWIRA.

Baca juga: UNWIRA Ikuti Indonesian Education Fair 2022 di Dili, Timor Leste