29 November 2022 - Oleh Kantor Kerja Sama Unwira

Kategori : Kegiatan Khusus Kampus

LPM UNWIRA Selenggarakan Pelatihan dan Penataan Dokumen SPMI untuk Tenaga Kependidikan


LPM UNWIRA Selenggarakan Pelatihan dan Penataan Dokumen SPMI untuk Tenaga Kependidikan

UNWIRA – Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang menyelenggarakan pelatihan dan penataan dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) berdasarkan Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi (APT - APS) bagi tenaga kependidikan pada Selasa (29/11/2022). Kegiatan itu dilaksanakan di Ballroom St. Hendrikus, Lantai 4 (Empat) Gedung Rektorat UNWIRA, Jalan San Juan No. 1, Penfui Timur, Kupang Tengah. Kegiatan itu dihadiri oleh Rektor UNWIRA, Pater Dr. Philipus Tule, SVD., Wakil Rektor II UNWIRA, Ibu Dr. Yolinda Yanti Sonbay, SE., M.Sc., Kepala Lembaga Penjamin Mutu UNWIRA, Bapak Hironimus Tangi, S.Pd., M.Pd., segenap Kepala Tata Usaha (KTU) Fakultas UNWIRA, Tata Usaha (TU) Program Studi, Kepala Lembaga, Biro, Pusat, Kantor, Unit, dan Staf.

Baca juga: ISFIT Dili – Timor Leste dan UNWIRA Kupang Teken MOA dengan Semangat MBKM

Menurut Bapak Hironimus Tangi, S.Pd., M.Pd., Kepala Lembaga Penjamin Mutu UNWIRA, target pelatihan ini ialah segenap civitas academica UNWIRA memiliki komitmen untuk menata dan memperbaiki kualitas manajemen mutu UNWIRA berdasarkan visi dan misi UNWIRA, sehingga dapat mendukung pelaksanaan SPMI dan menggenjot proses akreditasi UNWIRA di waktu-waktu mendatang.

Kemudian, dalam materinya, Pater Dr. Philipus Tule, SVD., Rektor UNWIRA, menyampaikan Sapta Cita menuju UNWIRA Unggul 2025. Sapta Cita itu antara lain: 1) Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang konsisten dan efektif sesuai kerangka Kurikulum Nasional, KKNI - MBKM yang dilakukan dengan memanfaatkan secara optimal sarana prasarana Teknologi Informasi sebagai buah dari Revolusi Industri 4.0 demi terjaminnya pengembangan mutu secara internal dan eksternal; 2) Perwujudan motto Ut Vitam Habeant Abundantius (Supaya mereka memiliki kehidupan dalam kelimpahan); 3) Partisipasi dalam program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menyukseskan program prioritas di bidang pendidikan dasar dan menengah, pertanian, kelautan, serta pariwisata dan sektor unggulan lokal melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT - PPM), Praktik Kerja Lapangan (PKL), magang, dan Aktivitas Luar Kelas (AKL); 4) Peningkatan kualitas sarana dan prasarana Informasi dan Teknologi (IT), serta pendidikan keterampilan IT melalui penguatan Program Studi Ilmu Komputer dan pembukaan Prodi Guru Komputer; 5) Komitmen pimpinan dan lembaga (UNWIRA dan YAPENKAR); 6) Memiliki mimpi setinggi langit dan memiliki visi internasional; dan 7) Investasi Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, khususnya SDM Dosen.

Baca juga: Juknis dan Juklak Perlombaan Paduan Suara Lagu-lagu Natal Tingkat SMA se-Kota Kupang dan Kabupaten Kupang

Sementara itu, Ibu Dr. Yolinda Yanti Sonbay, SE., M.Sc., Wakil Rektor II UNWIRA, selaku narasumber kedua dalam kegiatan tersebut menekankan sisi pelayanan selama mengabdi di UNWIRA, bukan hanya sisi kerja dan mendapatkan upah.

“Jika kita fokus dengan sisi pelayanan, kita akan bahagia dengan semua kegiatan dan aktivitas yang dijalankan di Perguruan Tinggi ini. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama memahami bahwa kita hadir di sini bukan hanya untuk kerja, melainkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi semua orang yang kita layani, khususnya untuk para mahasiswa/i yang sudah berkuliah di sini,” kata alumnus Universitas Sanata Dharma, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga itu.

Baca juga: Goes to Campus, BI Cabang NTT Selenggarakan Kegiatan Bedah Buku di UNWIRA

(By: Ricky Mantero, S.Fil)