16 January 2023 - Oleh Kantor Kerja Sama Unwira

Kategori : Kegiatan Khusus Kampus

Bertemakan “Ratio et Fides in Cultura”, UNWIRA Rayakan Pesta St. Arnoldus Janssen


Bertemakan “Ratio et Fides in Cultura”, UNWIRA Rayakan Pesta St. Arnoldus Janssen

UNWIRA – Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang merayakan Pesta St. Arnoldus Janssen pada Senin (16/01/2022).  Sebagai Pelindung UNWIRA, Pesta St. Arnoldus Janssen dirayakan setiap tahun. Bertemakan “Ratio et Fides in Cultura (Ilmu dan Iman dalam Budaya)”, Pesta St. Arnoldus Janssen dibuka dengan Perayaan Ekaristi Syukur di Ballroom St. Hendrikus, Lantai 4 (Empat) Gedung Rektorat UNWIRA, Jalan San Juan No. 1, Penfui Timur, Kupang Tengah. Perayaan Ekaristi Syukur itu dihadiri oleh Pimpinan Yayasan Pendidikan Khatolik Arnoldus (Yapenkar) dan Civitas Academica UNWIRA.

Baca juga: UNWIRA Selenggarakan Seminar Bertajuk “Revitalisasi Spiritualitas St. Arnoldus Janssen”

Dalam kotbahnya, Pater Yulius Yasinto, SVD., MA., M.Sc., Ketua Yapenkar, mengatakan bahwa sebagai sebuah komunitas akademik, kita menempatkan iman dan rasio pada posisi yang sama penting dan saling melengkapi.

“Maka, setiap perayaan pesta pelindung lembaga merupakan momen yang sangat istimewa bagi kita untuk merefleksikan dan membaharui diri kita berdasarkan spiritualitas lembaga kita. Spiritualitas merupakan Roh untuk sebuah lembaga. Untuk lembaga kita, Roh itu adalah Roh bapa pendiri, yaitu Roh St. Arnoldus Janssen. Dengan demikian, sebuah lembaga akan kuat jika Spiritualitas St. Arnoldus Janssen mampu menyatukan semua perbedaan yang ada di dalam satu lembaga,” tutur mantan Rektor UNWIRA yang biasa dipanggil Pater Yul.

Baca juga: Cerita Singkat tentang St. Arnoldus Janssen dan Beberapa Pertanyaan Penuntun

Sementara itu, dalam sambutannya, Pater Dr. Philipus Tule, SVD., Rektor UNWIRA, mengatakan bahwa perayaan Pesta St. Arnoldus Janssen merupakan perayaan yang dibuat untuk menunjukkan kepada publik dan kepada Civitas Academica UNWIRA tentang St. Arnoldus Janssen yang dijadikan pelindung UNWIRA.

“Spiritualitas St. Arnoldus Janssen bersumberkan pada Sang Sabda. Oleh karena itu, semoga Civitas Academica UNWIRA selalu diinspirasi oleh St. Arnoldus Janssen dalam menjalankan seluruh kehidupan dan pekerjaan di UNWIRA,” ujar ahli dan dosen Filsafat Islam (Islamologi) yang menyelesaikan Program Doktoral-nya di The Australian National University, Canbera-Australia.

Baca juga: Rektor UNWIRA Jadi Narasumber dalam Bedah Buku “Islam dan Pancasila”

Semoga Civitas Academica UNWIRA, lanjut Rektor UNWIRA yang biasa dipanggil Pater Lipus, sejak pesta ini dan pada tahun yang baru ini, senantiasa menghayati semangat hidup baru, berjalan di jalan yang baru dan jalan pembaharuan, serta menjadi manusia baru.

“Dengan demikian, Civitas Academica UNWIRA semakin memahami dan menghayati spiritualitas St. Arnoldus Janssen, serta semakin mencintai dan menghayati Sang Sabda dalam hidup sehari-hari,” pungkas Pastor SVD yang pernah menulis buku berjudul “Mengenal Kebudayaan Keo: Dongeng, Ritual, dan Organisasi Sosial”.

Baca juga: Rektor UNWIRA Melantik 44 Pejabat Struktural Universitas yang Baru

Selepas Perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan ramah-tamah, tukar kado, pembagian doorprizes, dan pembagian hadiah bagi para peserta lomba yang menjuarai perlombaan Tik Tok mahasiswa/i UNWIRA, video berkisah bagi anak-anak SD, serta lomba kuis tentang St. Arnoldus Janssen bagi para pegawai se-UNWIRA dan Yapenkar.

(By: Fr. Ricky Mantero, SVD)