17 January 2023 - Oleh Kantor Kerja Sama Unwira

Kategori : Kerja Sama dengan Lembaga Lain

Kembangkan Literasi: Unwira Bangun Kerja Sama dengan Tiga Badan Usaha


Kembangkan Literasi: Unwira Bangun Kerja Sama dengan Tiga Badan Usaha

UNWIRA – Di Ruang Rapat Rektorat Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira), Lantai 2 (Dua) Gedung Rektorat, Jalan San Juan No.1, Penfui Timur, Kupang Tengah, Unwira menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan tiga badan usaha, yaitu Penerbit dan Percetakan Pohon Cahaya, Radio Tirilolok Swara Verbum, dan Media Pendidikan Cakrawala NTT pada Selasa (17/01/2023). Penandatanganan PKS itu dihadiri oleh Pater Dr. Philipus Tule, SVD., Rektor Unwira, Ibu Dr. Yolinda Yanti Sonbay, SE., M.Sc, selaku Wakil Rektor II Unwira, Bapak Yuvensius Sasongko Iswandaru, SE., selaku Direktur Utama PT. Pohon Cahaya Semesta, Pater Dismas Longginus Mauk, SVD., selaku Direktur Utama PT. Radio Tirilolok Swara Verbum, Bapak Mario Djegho, selaku Pemimpin Redaksi Media Pendidikan Cakrawala NTT, Bapak Dr. Reginaldo Christophori Lake, ST., MT., selaku Ketua Pengurus Unwira Press, Bapak Dr. Maximus M. Taek, S.Pd., M.Si., selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unwira, Pater Petrus Tan, M.Fil., selaku Anggota Pengurus Unwira Press, Paskalis Andrianus Nani, ST., MT., selaku Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (PDTI), dan Paulus Adrianus Kopong Liat Ratumakin, S.Fil., M.Si., Dosen Unwira.

Baca juga: 638 Mahasiswa/i UNWIRA Dilepaskan ke Lokasi KKNT-PPM

Dalam sambutannya, Pater Dr. Philipus Tule, SVD., Rektor Unwira, mengatakan bahwa aspek kerja sama merupakan hal yang sangat penting dan menjadi tuntutan akreditasi, baik kerja sama dalam negeri maupun luar negeri. Menurut ahli dan dosen Filsafat Islam (Islamologi) yang menyelesaikan Program Doktoral-nya di The Australian National University, Canbera-Australia, aspek kerja sama itu berkontribusi untuk kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Melalui kerja sama seperti ini, kami yakin bahwa kualitas Unwira akan semakin meningkat. Namun, setelah penandatanganan PKS ini, kita harus berusaha mewujudkan pelbagai bentuk kegiatan. Di samping itu, saya juga patut berterima kasih kepada semua mitra yang mau bekerja sama dengan Unwira. Semoga kerja sama ini berjalan dengan baik dan akan tetap dievaluasi terus menerus ke depannya,” tutur Rektor Unwira yang biasa dipanggil Pater Lipus.

Baca juga: Bertemakan “Ratio et Fides in Cultura”, UNWIRA Rayakan Pesta St. Arnoldus Janssen

Dalam sesi diskusi, Bapak Yuvensius Sasongko Iswandaru, SE., selaku Direktur Utama PT. Pohon Cahaya Semesta, mengatakan bahwa Unwira Press sudah menjadi anggota IKAPI Nasional.

“Oleh karena itu, Unwira Press perlu menerbitkan buku, baik secara konvesional maupun e-book. Harapannya, Unwira Press dapat menjadi pihak yang terdepan untuk menerbitkan e-book di Nusa Tenggara Timur (NTT). Jika Unwira Press telah menerbitkan buku baru, kita bisa membedah atau membuat dialog interaktif untuk membahas buku itu,” kata Direktur Utama PT. Pohon Cahaya Semesta yang biasa dipanggil Bapak Sasongko.

Baca juga: UNWIRA Selenggarakan Seminar Bertajuk “Revitalisasi Spiritualitas St. Arnoldus Janssen”

Menanggapi informasi yang disampaikan oleh Bapak Sasongko, Bapak Dr. Reginaldo Christophori Lake, ST., MT., selaku Ketua Pengurus Unwira Press, mengatakan bahwa Unwira Press sangat bersyukur dengan bantuan Penerbit dan Percetakan Pohon Cahaya yang memudahkan dan mempercepat Unwira Press menjadi anggota IKAPI Nasional.

“Melalui Unwira Press, kami akan menerbitkan beberapa ‘buku ajar’ yang disiapkan oleh para dosen. Dengan harapan, ‘buku ajar’ yang diterbitkan dapat membantu dosen-dosen untuk meningkatkan Cum,” tambah alumnus Doktoral Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung itu.

Baca juga: Rektor UNWIRA Jadi Narasumber dalam Bedah Buku “Islam dan Pancasila”

Sementara itu, Bapak Dr. Maximus M. Taek, S.Pd., M.Si., selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unwira, memberikan beberapa saran praktis untuk Radio Tirilolok Swara Verbum. Menurut Bapak Maxi, konten yang dibawakan oleh Radio Tirilolok Swara Verbum harus disampaikan dengan cara yang lebih profan dan lebih milenial.

“Kami juga akan lebih komunikatif dengan Radio Tirilolok Swara Verbum, khususnya dengan mengirimkan para dosen untuk menceritakan hasil penelitian. Di samping itu, kami juga bisa mengirimkan beberapa dosen untuk terlibat dalam kegiatannya Cakrawala NTT,” tambah Bapak Maxi.

Menanggapi saran dari Bapak Maxi Taek, Pater Dismas Longginus Mauk, SVD., selaku Direktur Utama PT. Radio Tirilolok Swara Verbum, mengatakan bahwa Radio Tirilolok Swara Verbum akan melaksanakan beberapa poin penting yang sudah disiapkan oleh PKS, seperti dialog interaktif, bedah buku, live streaming, dan yang lainnya.

Baca juga: Rektor UNWIRA Melantik 44 Pejabat Struktural Universitas yang Baru

Sebagaimana Pater Dismas Longginus Mauk, SVD., Bapak Mario Djegho, selaku Pemimpin Redaksi Media Pendidikan Cakrawala NTT, mengatakan bahwa media online Cakrawala NTT akan menghubungkan link “Cakrawala NTT.com” dengan link website Unwira.

“Artikel yang dipublikasi di “Cakrawala NTT.com” akan dipublikasi juga di website Unwira. Di samping itu, ada space khusus bagi Unwira di media cetak atau majalah bulanan Cakrawala NTT. Lebih dari itu, Cakrawala NTT akan mengundang dan mengajak para dosen Unwira untuk mengikuti kegiatan Cakrawala NTT ke sekolah-sekolah di seluruh daerah NTT selama dua sampai tiga hari. Semua akomodasi akan disiapkan oleh Cakrawala NTT. Kemudian, Cakrawala NTT juga siap untuk menerima mahasiswa/i magang dari Unwira,” tutur Bapak Mario Djegho.

Baca juga: ISFIT Dili – Timor Leste dan UNWIRA Kupang Teken MOA dengan Semangat MBKM

Melihat semuanya itu, Pater Peter Tan, M.Fil., Anggota Pengurus Unwira Press, mengatakan bahwa kerja sama dengan beberapa badan usaha di atas merupakan upaya Unwira untuk mengembangkan literasi di NTT.

“Kerja sama ini merupakan bentuk kepedulian dan upaya etis Unwira untuk mengembangkan literasi di NTT. Dengan adanya kerja sama ini, Unwira Press bisa menerbitkan Tesis dan Skripsi terbaik dari mahasiswa/i Unwira, sehingga Unwira bisa mendukung karya mahasiswa/i ke depannya,” pungkas alumnus Magister Filsafat Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta.

(By: Fr. Ricky Mantero, SVD)