20 January 2023 - Oleh Kantor Kerja Sama Unwira

Kategori : Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat

Perkuat SDM dan Ekonomi, Mahasiswa/i Unwira Laksanakan KKNT-PPM di Pulau Semau


Perkuat SDM dan Ekonomi, Mahasiswa/i Unwira Laksanakan KKNT-PPM di Pulau Semau

UNWIRA - 16 mahasiswa/i Semester Ganjil Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang melakukan Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT-PPM) di Desa Hansisi, Pulau Semau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga di Pos Kupang: Mahasiswa Unwira Kupang KKN di Pulau Semau

Didampingi Ibu Maria Novita Inya Buku, S.Pd., M.Pd., Dosen Program Studi Biologi Unwira, 16 mahasiswa/i itu berangkat pada hari Rabu (18/01/2023) dari Pelabuhan Bolok Kupang dengan menggunakan Kapal Feri. Tiba di lokasi, 16 mahasiswa/i KKNT-PPM itu dijemput dan disambut oleh Kepala Desa Hansisi, Yopi Saudale.

Dalam sambutannya, Yopi Saudale mengucapkan terima kasih kepada Unwira yang telah memilih desa tersebut sebagai lokasi KKNT-PPM.

“Kami berharap agar mahasiswa/i KKNT-PPM yang datang ke desa kami dapat bekerja sama dan berpartisipasi untuk membantu masyarakat dengan bekal ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di bangku perkuliahan dalam berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat. Di samping itu, mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira juga dapat belajar banyak hal saat berada di tengah masyarakat," ujarnya.

Baca juga: KKNT-PPM di Desa Tablolong, 16 Mahasiswa/i Unwira Diajak Berkolaborasi

Ibu Maria Novita Inya Buku, S.Pd., M.Pd., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), memperkenalkan mahasiswa/i KKNT-PPM dan menggambarkan tujuan KKNT-PPM di Desa Hansisi – Pulau Semau.

“KKNT-PPM adalah suatu mata kuliah yang diprogramkan oleh mahasiswa/i. KKNT-PPM ini akan dilaksanakan selama satu bulan sejak tanggal 18 Januari sampai 18 Februari 2023. Kami datang untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) dan ekonomi di desa ini, supaya kita bisa menghadapi inflasi yang terjadi di NTT saat ini,” kata Dosen Program Studi Biologi Unwira yang biasa dipanggil Ibu Novi.

Baca juga: Kembangkan Literasi: Unwira Bangun Kerja Sama dengan Tiga Badan Usaha

Tak lupa, Ibu Novi menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Kepala Desa karena telah menerima mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira.

“Saya menyerahkan anak-anak ini kepada Bapak Kepala Desa dan berharap agar Bapak dapat menjaga dan membantu mereka untuk menyukseskan kegiatan KKNT-PPM ini. Mewakili Universitas, saya berharap kiranya mahasiswa/i KKNT-PPM ini bisa sungguh-sunguh memberikan diri untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat di desa ini," tambah Ibu Novi.

Dominggus Manek, ketua kelompok mahasiswa/i KKNT-PPM Desa Hansisi - Pulau Semau, menyampaikan bahwa ada beberapa program kerja yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa/i KKNT-PPM, di antaranya penguatan ekonomi, penguatan pendidikan, dan penguatan teknologi.

"Secara spesifik, program-program itu akan dijabarkan ke dalam beberapa program dari masing-masing Prodi," tandasnya.

Baca juga: Fakultas Hukum Unwira Teken MoU dan PKS dengan FHP Law School Jakarta

(Editor: Ricky Mantero)