19 January 2023 - Oleh Kantor Kerja Sama Unwira

Kategori : Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat

KKNT-PPM di Desa Umatoos, Mahasiswa/i Unwira Diharapkan Transfer Pengetahuan


KKNT-PPM di Desa Umatoos, Mahasiswa/i Unwira Diharapkan Transfer Pengetahuan

UNWIRA - Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT-PPM) selama satu bulan sejak tanggal 17 Januari sampai 17 Februari 2023. Kegiatan KKNT-PPM ini mengusung tema “Penguatan Ekonomi Masyarakat dalam Menghadapi Inflasi”.

Baca juga di Pos Kupang: KKNT-PPM Unwira 2023 di Desa Umatoos, Transfer Knowledge Dua Arah

Salah satu kelompok mahasiswa/i Unwira yang mengikuti KKNT-PPM diterjunkan ke Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka. Ada 16 orang mahasiswa/i Unwira yang diterjunkan ke Desa Umatoos. Mereka berasal dari beberapa Program Studi, di antaranya Pendidikan Fisika, Akuntansi, Manajemen, Teknik Sipil, dan Administrasi Publik. Mereka diterima secara resmi oleh Penjabat Kepala Desa dan aparatnya pada hari Kamis 19 Januari 2023 di Kantor Desa Umatoos.

Baca juga: Perkuat SDM dan Ekonomi, Mahasiswa/i Unwira Laksanakan KKNT-PPM di Pulau Semau

Dalam acara penerimaan tersebut, selain memperkenalkan diri kepada Penjabat dan Aparat Desa, mahasiswa/i Unwira juga memaparkan rancangan program yang akan dilaksanakan selama kurun waktu sebulan melakukan KKNT-PPM.

Dalam sambutannya, Marthen Klau, SE., Penjabat Kepala Desa Umatoos, menyampaikan ucapan terima kasih karena Unwira telah memilih Desa Umatoos sebagai salah satu lokasi kegiatan KKNT-PPM.

“Saya juga mengharapkan bahwa selama satu bulan ini mahasiswa/i Unwira dapat membagi pengetahuan (knowledge transfer) kepada masyarakat, sehingga mahasiswa/i Unwira dapat membantu peningkatan taraf hidup masyarakat. Di samping itu, saya juga mengharapkan agar mahasiswa/i Unwira dapat membawa hal-hal baru melalui program-program kerja yang disinkronkan dengan berbagai program desa,” kata Bapak Marthen.

Baca juga: KKNT-PPM di Desa Tablolong, 16 Mahasiswa/i Unwira Diajak Berkolaborasi

Saya juga mengharapkan agar, lanjut Bapak Marten, komunikasi dan interaksi yang baik dapat terjalin antara mahasiswa dan masyarakat Desa Umatoos selama periode KKNT-PPM ini.

Senada dengan Bapak Marten, Ibu Stephanie Perdana Ayu Lawalu, S.Sos., M.PP., Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), juga mengharapkan terjadinya transfer pengetahuan dua arah,  bukan hanya dari mahasiswa/i Unwira ke masyarakat, melainkan juga dari masyarakat ke mahasiswa/i Unwira.

Baca juga: Fakultas Hukum Unwira Teken MoU dan PKS dengan FHP Law School Jakarta

“Selain menerapkan segala sesuatu yang telah dipelajari di kampus, mahasiswa/i Unwira juga dapat mempelajari hal-hal baru dari masyarakat. Ada banyak pengetahuan tentang budaya dan kearifan lokal, serta keterampilan-keterampilan praktis dari masyarakat setempat yang dapat dipelajari untuk memperkaya khazanah pengetahuan mahasiswa/i Unwira,” pungkas Dosen Program Studi Administrasi Publik Unwira.

(Editor: Ricky Mantero)