20 January 2023 - Oleh Kantor Kerja Sama Unwira

Kategori : Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat

KKNT-PPM di Desa Tetaf, Mahasiswa/i Unwira Didukung oleh Pemerintah dan Masyarakat Desa


KKNT-PPM di Desa Tetaf, Mahasiswa/i Unwira Didukung oleh Pemerintah dan Masyarakat Desa

UNWIRA - 15 orang mahasiswa/i Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT-PPM) di Desa Tetaf, Kecamatan Kuatnana, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Baca juga di Pos Kupang: 15 Mahasiswa Unwira Kupang Mengikuti KKNT-PPM di Desa Tetaf TTS

Mereka akan menjalani KKNT-PPM selama satu bulan sejak tanggal 17 Januari sampai 17 Februari 2023.

Kali ini, Unwira menerjunkan mahasiswa/i KKNT-PPM ke 40 desa/kelurahan di Daratan Timor dan Pulau Semau.

Khusus di Desa Tetaf, KKNT-PPM diikuti oleh mahasiswa/i yang berasal dari lima Program Studi, yakni Akuntansi, Manajemen, Ilmu Pemerintahan, Ekonomi Pembangunan, dan Ilmu Komputer.

Sebelum menuju ke lokasi KKNT-PPM, mahasiswa/i Unwira mengikuti acara pelepasan di Aula Santa Maria Immaculata, Kampus Penfui. Acara pelepasan itu dibuat oleh Pater Dr. Philipus Tule, SVD., Rektor Unwira.

Dalam arahannya, Pater Dr. Philipus Tule, SVD mengimbau peserta KKNT-PPM untuk berbaur dengan masyarakat dan menjalankan tugas sesuai dengan tema KKNT-PPM kali ini, yaitu “Penguatan Ekonomi Masyarakat dalam Menghadapi Inflasi”.

Baca juga: 638 Mahasiswa/i UNWIRA Dilepaskan ke Lokasi KKNT-PPM

Saat tiba di Desa Tetaf, Kecamatan Kuatnana, TTS, mahasiswa/i Unwira dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Stefanus Don Rade, S.H., M.H., disambut oleh Yulius Talan, Kepala Desa Tetaf dan aparatur perangkat desa lainnya.

Pada kesempatan itu, Yulius Talan menyampaikan terima kasih kepada Unwira yang telah memilih Desa Tetaf menjadi salah satu lokasi KKNT-PPM.

“Pemerintah dan warga desa sangat gembira dengan kegiatan ini. Oleh karena itu, saya berharap mahasiswa/i Unwira yang memiliki ilmu dan pengetahuan dapat membantu pemerintah dan masyarakat setempat dengan kegiatan-kegiatan yang nyata,” kata Yulius Talan.

Baca juga: KKNT-PPM di Desa Tablolong, 16 Mahasiswa/i Unwira Diajak Berkolaborasi

Hal senada disampaikan oleh Sekertaris Desa, Matias Talan, SE.

"Selamat datang di Desa Tetaf. Pemerintah Desa dan masyarakat siap mendukung kegiatan ini dan berbagai program kerja yang sudah disiapkan oleh mahasiswa/i KKNT-PPM," kata Matias Talan.

Bapak Stefanus Don Rade, SH., MH., selaku DPL, menyampaikan terima kasih kepada pihak Desa Tetaf karena sudah menerima mahasiswa/i Unwira dengan baik.

Baca juga: Kembangkan Literasi: Unwira Bangun Kerja Sama dengan Tiga Badan Usaha

“Saya menitipkan 15 mahasiswa/i Unwira ini untuk diarahkan, diajarkan, serta diberi pengalaman dan pengetahuan yang nyata tentang segala sesuatu yang terjadi di masyarakat, khususnya Desa Tetaf, TTS. Sebab, mereka juga datang dengan berbagai program kerja yang sudah dirancang untuk diimplementasikan bersama masyarakat,” kata Bapak Stefanus, Dosen Fakultas Hukum Unwira.

(Editor: Ricky Mantero)