24 January 2023 - Oleh Kantor Kerja Sama Unwira

Kategori : Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat

KKNT-PPM di Desa Noelbaki, Mahasiswa/i Unwira Laksanakan Kegiatan Amancalistung


KKNT-PPM di Desa Noelbaki, Mahasiswa/i Unwira Laksanakan Kegiatan Amancalistung

UNWIRA – 16 orang mahasiswa/i Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT-PPM) Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, melaksanakan salah satu program kerja KKNT-PPM, yaitu kegiatan “Amancalistung” (Adikku mantap baca, tulis, dan hitung) pada Selasa (24/01/2023). Dalam kegiatan ini, anak-anak diajarkan untuk menulis, membaca, dan berhitung. Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak (TK) Ceria Desa Noelbaki. Kegiatan ini dihadiri oleh tiga pengajar yang bekerja di TK Ceria, peserta KKNT-PPM Desa Noelbaki, dan 32 orang murid TK Ceria.

Baca juga: Siswa SD GMIT Oenaek Terima Pembekalan Amancalistung dari Mahasiswa KKN-PPM Unwira Periode 2021/2022

Dalam sesi perkenalan dengan Kepala TK Ceria, Oktofianus Beda Paun, Ketua Kelompok KKNT-PPM Desa Noelbaki, menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira.

“Kesempatan ini menjadi pengalaman dan ruang edukasi yang sangat berguna bagi adik-adik TK Ceria maupun kami sebagai mahasiswa/i. Kami juga membutuhkan kritikan dan saran untuk mengembangkan kompetensi kami ke depannya, khususnya yang berkaitan dengan hal-hal teknis pembelajaran,” ungkap Fian Paun.

Baca juga: Perkuat SDM dan Ekonomi, Mahasiswa/i Unwira Laksanakan KKNT-PPM di Pulau Semau

Sebelum melaksanakan kegiatan Amancalistung, Ibu Mira E. F. Kaseh, S.Pd., Kepala Sekolah TK Ceria, memberikan beberapa cacatan yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa/i Unwira dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

“KBM di TK Ceria sangat berbeda dengan KBM di sekolah-sekolah lain. Sebab, KBM di sini lebih dimanifestasikan atau diaktualisasikan dalam bentuk game atau media-media lain yang memungkinkan anak-anak untuk bisa berhitung, membaca, dan menulis,” kata Ibu Mira.

Selain itu, tambah Ibu Mira, anak-anak juga dilatih untuk menabung sejak usia dini.

“Celengan-celengan yang digunakan untuk menabung disimpan di TK dan setiap paginya anak-anak diwajibkan untuk menabung sebelum KBM dimulai. Tentunya, hal ini merupakan hal yang sangat penting untuk para peserta didik. Lebih dari itu, mereka juga diajarkan untuk bisa belajar pada taraf-taraf tertentu, sehingga materi-materi SD tidak dilampaui secara utuh. Hal itu bertujuan untuk tidak menghambat daya ingat anak-anak,” tegas Ibu Mira.

Baca juga: KKNT-PPM di Desa Tetaf, Mahasiswa/i Unwira Didukung oleh Pemerintah dan Masyarakat Desa

Dalam melaksanakan KBM, para peserta KKNT-PPM Desa Noelbaki memperhatikan catatan-catatan yang diberikan oleh Ibu Kepala TK Ceria.

“Anak-anak TK Ceria sangat tertarik dengan berbagai metode yang diajarkan oleh mahasiswa/i Unwira, sehingga mereka sangat semangat dan penuh kegembiraan mengikuti KBM sampai proses evaluasi,” pungkas Fian Paun, Ketua Senat Mahasiswa/i Unwira TA 2022/2023.

Baca juga: KKNT-PPM di Desa Umatoos, Mahasiswa/i Unwira Diharapkan Transfer Pengetahuan

(Penulis: Fian Paun; Editor: Ricky Mantero)