30 January 2023 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Kerja Sama dengan Pemerintah

LLDIKTI XV Serahkan SK, Unwira Resmi Membuka Prodi PPG


LLDIKTI XV Serahkan SK, Unwira Resmi Membuka Prodi PPG

UNWIRA – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XV (LLDIKTI XV) di Kota Kupang menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pembukaan Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG) secara resmi kepada Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang pada Senin (30/01/2023).

Baca juga: Fakultas Hukum Unwira Teken MoU dan PKS dengan FHP Law School Jakarta

Dilaksanakan di Ruang Rapat Rektorat Unwira, Lantai 2 (Dua) Gedung Rektorat, Jalan San Juan No.1, Penfui Timur, Kupang Tengah, penyerahan SK Prodi PPG itu dihadiri oleh Prof. Dr. Adrianus Amheka, S.T., M.Eng., Kepala LLDIKTI XV, Pater Dr. Philipus Tule, SVD., Rektor Unwira, Pater Yulius Yasinto, SVD., MA., M.Sc., Ketua Yayasan Pendidikan Khatolik Arnoldus (Yapenkar), Pater Egidius Taimenas, SVD., S.Fil., MH., Sekretaris Yapenkar, Pater Eugenius Dwi Ardhika Irianto, SVD., S.Fil., M.Th., MM., Bendahara Yapenkar, Bapak Dr. Samuel Igo Leton, M.Pd., Wakil Rektor I Unwira, Ibu Dr. Yolinda Yanti Sonbay, SE., M.Sc., Wakil Rektor II Unwira, para dosen FKIP Unwira, dan tim LLDIKTI XV.

Dalam pengantarnya, Pater Dr. Philipus Tule, SVD., Rektor Unwira, mengatakan bahwa Unwira menyambut penyerahan SK Prodi PPG itu sebagai suatu berita gembira.

Baca juga: Kembangkan Literasi: Unwira Bangun Kerja Sama dengan Tiga Badan Usaha

“Pembukaan Prodi PPG ini merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Unwira. Kami menyadari bahwa Prodi PPG ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk meningkatkan kualitas pendidikan di NTT. Oleh karena itu, kami siap menerima SK Prodi PPG ini sembari mengharapkan arahan dari Pemerintah saat ini maupun saat menjalankan Program Studi itu nanti,” tutur ahli dan dosen Filsafat Islam (Islamologi) Unwira yang menyelesaikan Program Doktoral-nya di The Australian National University, Canbera-Australia.

Menanggapi pernyataan Pater Dr. Philipus Tule, SVD., Rektor Unwira, Prof. Dr. Adrianus Amheka, S.T., M.Eng., Kepala LLDIKTI XV, mengatakan bahwa Prodi PPG itu merupakan bagian dari usaha Unwira untuk membantu kinerja LLDIKTI XV.

Baca juga: Bertemakan “Ratio et Fides in Cultura”, UNWIRA Rayakan Pesta St. Arnoldus Janssen

“Dari hari ke hari, kinerja kami terus dievaluasi, termasuk dalam hal memberikan laporan dan memfasilitasi Perguruan Tinggi (PT) di NTT untuk meningkatkan kualitas PT. Pada tahun 2023 ini, kita harus berlari dua kali lipat untuk meningkatkan kualitas PT. Oleh karena itu, kami juga berharap agar semua PT di NTT, khususnya Unwira, terus meningkatkan akreditasi. Apalagi, Unwira sudah memiliki gedung yang bagus dan sudah memiliki 23 Prodi,” ungkap Kepala LLDIKTI XV yang menyelesaikan program doktoral-nya di University of Tsukuba, Ibaraki, Jepang itu.

Selain itu, Dosen Politeknik Negeri Kupang yang menyelesaikan studi Magister-nya di Griffith University, South East Queensland, Australia, menyampaikan bahwa Pemerintah berharap agar Unwira terus menjaga kualitas dengan cara meningkatkan kualitas para dosen dan pegawai, seperti dengan menggenjot tercapainya Guru Besar atau Profesor.

“Unwira memiliki tenaga dosen yang banyak. Maka, saya yakin bahwa Unwira bisa. Sebagai bagian dari Pemerintah, kami yakinkan bahwa kita bisa bekerja sama dengan baik. Kalau memang Guru Besar tidak bisa, kita usahakan Lektor Kepala dulu. Sebab, peningkatan Jabatan Fungsional (Jafung) merupakan salah satu usaha kita untuk mempertahankan kualitas PT,” pungkas Prof Adrianus.

Baca juga: 638 Mahasiswa/i UNWIRA Dilepaskan ke Lokasi KKNT-PPM

(Penulis: Ricky Mantero)