03 March 2023 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Kegiatan Khusus Kampus

Buka Turnamen E-Sports UNWIRA, Ketua Panitia Sampaikan Beberapa Manfaat E-Sports


UNWIRA – Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang membuka secara resmi turnamen Electronic Sports (E-Sports) pada Jumat (3/3/2023). Bertempat di Aula St. Maria Immaculata, Kampus Penfui, turnamen E-Sports itu dilaksanakan sejak tanggal 3 sampai 11 Maret 2023.

Baca juga: Unika Atma Jaya, UNWIRA, dan AIFIS Selenggarakan Webinar Berbasis Bahasa dan Budaya

Selain Pater Dr. Philipus Tule, SVD., Rektor UNWIRA, pembukaan turnamen E-Sport itu dihadiri oleh Ketua E-Sports Indonesia (ESI) Kota Kupang, Bapak Deford Nasareno Lakapu, Ketua Panitia E-Sports UNWIRA, Bapak Yohanes Ovaritus Jagom, S.Pd., M.Pd., Branch Manager Telkomsel Kupang, Bapak Nusa Prasetya, Kepala Kantor Kerja Sama dan Pusat Karier UNWIRA, Ibu Dr. Priscilla M. Assis Hornay, MA., M.Ed., Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan), Bapak Drs. Servatius Rodriques, M.Si., panitia E-Sports UNWIRA, dan para peserta lomba E-Sports UNWIRA.

Ada tiga jenis perlombaan yang dilombakan dalam turnamen itu, di antaranya Mobile Legend, Player Unknown Battle Ground Mobile (PUBG Mobile), dan Free Fire.

Baca juga: BK DPR RI Perpanjang MoU dan Bawakan Kuliah Umum di UNWIRA

Dalam sambutan pembuka, Bapak Yohanes Ovaritus Jagom, S.Pd., M.Pd., Ketua Panitia E-Sports UNWIRA, mengatakan bahwa E-Sports merupakan olahraga baru yang berkembang pesat dan mulai digemari oleh banyak kalangan di seluruh dunia.

E-Sports muncul secara resmi pertama kali di Indonesia pada tahun 1999. Akan tetapi, fenomena E-Sports akhir-akhir ini bisa dikatakan semakin “naik daun”. Hal itu terbukti dari beberapa penyelenggaraan pertandingan E-Sports di piala Asian Games 2019 dan juga turnamen E-Sports tingkat nasional, seperti turnamen memperebutkan Piala Presiden tahun 2019,” ungkap Bapak Ovan, Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UNWIRA.

Menurut Dosen Program Studi Pendidikan Matematika UNWIRA itu, kegiatan E-Sports kini akrab di kalangan masyarakat, khususnya di kalangan generasi milenial dan generasi Z.

E-Sports ini merupakan sarana hiburan. Di samping itu, E-sports memiliki nilai positif jika dimainkan dengan waktu yang bijak, seperti melatih ketangkasan berpikir, menyusun strategi, dan melatih kekompakan tim, serta untuk membuktikan skill yang dimiliki oleh setiap peserta lomba. Oleh karena itu, turnamen ini merupakan ajang yang sangat menarik bagi para pemain E-sports berbakat untuk mengapresiasi keahlian terbaik mereka,” tutur Bapak Ovan, alumnus Magister Universitas Negeri Surabaya.

Baca juga: UNWIRA dan Universitas Udayana Selenggarakan Kuliah Umum tentang Bahasa dan Kebudayaan

Dengan tema “Burn Your Spirit, Show Your Sportivity, and Be A Winner”, tambah Bapak Ovan, E-Sports UNWIRA memiliki 7 (Tujuh) manfaat, di antaranya: (1) untuk mempromosikan sarana dan  prasarana UNWIRA kepada calon-calon mahasiswa/i di Tahun Ajaran (TA) yang akan datang, (2) memperkuat tali silaturahmi antar pelajar di Kupang, (3) melatih koordinasi dan kerja sama para peserta lomba, (4) meningkatkan bakat pemain dan peserta dalam cabang olahraga E-Sports, (5) menunjukkan kepada masyarakat sisi positif dari game dan menangkal aneka prasangka negatif tentang game, (6) menanamkan bibit-bibit unggul E-Sports Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk Indonesia di masa depan, serta (7) menjadi sarana hiburan bagi seluruh peserta turnamen.

Turnamen E-Sports UNWIRA ini juga bekerja sama dengan Pengurus Besar E-Sports Indonesia (PBESI) Kota Kupang. Di samping itu, ada juga 3 (tiga) orang perwakilan PBESI nasional yang turut hadir dalam pembukaan E-Sports UNWIRA hari ini.

Baca juga: Menyambut Wisuda Periode I TA 2022/2023, UNWIRA akan Laksanakan Career Days

Berdasarkan hasil Technical Meeting (TM), jumlah peserta yang ikut berpartisipasi dalam turnamen E-Sports UNWIRA ialah sebnyak 328 orang. Dengan rincian, 16 tim Mobile Legend, 16 tim PUBG Mobile, dan 22 tim Free Fire.

(Penulis: Ricky Mantero)