14 April 2023 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : INFO KAMPUS

Pesan Rektor UNWIRA bagi Mahasiswa/i Muslimin dan Muslimat untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri al-Mubarak 1444 Hijriyah


Oleh: P. Dr. Philipus Tule, SVD

Ketika bulan Sya'ban sudah berada di penghujung, maka bulan Ramadhan pun tiba. Itu adalah pertanda bahwa umat Islam di seluruh dunia akan memulai kewajiban menjalani ibadah puasa atau Sawm Ramadhan. Dari total 8.311 mahasiswa/i Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) TA 2021/2022, ada 146 mahasiswa/i Muslimin dan Muslimat yang terpanggil untuk menunaikan ibadah suci dan mulia ini. Maka, sebagai pimpinan lembaga PTS Katolik di Provinsi NTT ini, kami mengimbau dan mengarahkan mahasiswa/i Muslimin dan Muslimat itu untuk memanfaatkan masa berahmat ini dengan sebaik-baiknya.

Saya senantiasa mengajak mahasiswa/i Muslimin dan Muslimat untuk tidak lupa berpedoman pada Firman Allah SWT dalam Surat Adz Dzaariyaat ayat 56 yang menegaskan bahwa:

“Aku tidak menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku” (Adz Dzaariyaat: 56)

Saya mengimbau agar bersyukurlah selalu akan Rahmat dan Berkat serta Nikmat Allah yang telah menganugerahkan Anda semua usia muda untuk hidup dan berkuliah di UNWIRA, sekaligus memberimu kesempatan untuk berdoa dan mendalami iman. Allah SWT masih memberi kesempatan bagimu untuk mengalami dan menghayati hidup sambil belajar pada bulan Ramadhan 1444 Hijriyah, tahun 2023 ini. Al-hamdu liLlah ! Puji Tuhan !

Anda semua pun tentu tahu bahwa melaksanakan Ibadah Puasa adalah wajib   sebagai salah satu Rukun Islam. Menjadi salah satu bentuk pengabdian kepada Allah (ABDI ALLAH), bersamaan dengan begitu banyak bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dan Pengabdian Kepada Allah (PKA) selama menjadi mahasiswa/i.  

Kita harus bersyukur atas kesempatan berahmat ini karena ada sahabat-sahabat dan kerabatmu, yang meski masih muda, toh telah dipanggil kembali menghadap hadirat Allah SWT (inna lillahi wa inna ilayhi roji’un). Mereka tak sempat lagi mengalami bulan Ramadhan sebagai saat berahmat sebagaimana diamanatkan Nabi Muhammad SAW: “Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (Hadits Muttafaq 'Alaih).

Dari Abu Hurairah r.a, bahwa Nabi Muhammad SAW juga bersabda: “Shalat lima waktu, dari Jum’at ke Jum’at dan dari Ramadhan ke Ramadhan ialah menghapuskan dosa di antara masing-masing apabila dijauhinya dosa-dosa besar" (HR  Muslimin).

Anda semua harus sadar bahwa sebagai insan generasi muda yang lemah dan terbatas, Anda pasti pernah melakukan kesalahan, perbuatan dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar. Namun demikian, Allah masih mengasihi semua hamba-Nya yang selalu menyadari dosa-dosanya dan memohon ampun kepada-Nya. Allah juga menghapus dosa-dosa kecil dengan ibadah-ibadah tertentu, di antaranya dengan puasa di bulan Ramadhan. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

"Siapa berpuasa Ramadhan imanan wa ihtisaban (dengan keimanan dan mengharap pahala), diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan siapa shalat pada Lailatul Qadar imanan wa ihtisaban (dengan keimanan dan mengharap pahala), diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (HR. Bukhari dan Muslimin).

Hadits di atas menjelaskan tentang orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dan menghidupkan malamnya dengan ibadah-ibadah sunnah, serta menghidupkan malam lailatul qadar, dengan penuh keimanan dan hanya mengharap pahala dari Allah SWT. Dosa mereka semua yang telah lalu akan diampuni selama bulan Ramadhan.

Anak-anak dan saudara/i-ku, mahasiswa/i Muslimin dan Muslimat di kampus UNWIRA yang kukasihi! Saya yakin sekali bahwa bila Anda semua menjalani ibadah Sawm Ramadhan ini dengan sungguh baik, maka Anda sekalian akan memasuki hari puncak yang Anda dan kita sekalian nanti-nantikan, yaitu Hari Raya Idul Fitri al-Mubarak 01 Syawal 1444 Hijriyah pada 21 April 2023. Itulah hari kita meninggalkan sejenak aneka kegiatan akademik dan perkuliahan (= berlibur) dan merayakan kembalinya kita semua kepada fitrah (kodrat) kita yang suci murni atau dalam nuansa asli Arabic-nya ialah ‘Aid ila al-Fitr (kembali kepada fitrah).

Pada hari Idul Fitri itu, anak-anakku sekalian yang Muslimin dan Muslimat akan berpartisipasi dalam Salat ber-jama’at. Tapi lebih dari itu, Anda semua akan lebih mempererat tali silaturrahim dan memperkuat hubungan persaudaraan sesama umat Islam (ukhuwah al-Islamiyah) dan dengan sesama anak bangsa serta sesama umat manusia (ukhuwah al-Insaniyah). Kita saling berkiriman salam secara daring (online) dan luring (offline).

Maka benarlah hal yang pernah dikatakan Rasulullah dan Nabi Muhammad SAW: “Berikanlah makanan, sebarkanlah salam, sambunglah tali silaturrahim dan lakukan salat malam ketika orang-orang tidur, maka engkau akan masuk surga dengan selamat” (HR. Ibnu Hibban).

Anak-anakku terkasih! Semoga Sawm Ramadhan yang telah Anda jalani dengan penuh iman akan membawa pahala pengampunan dosa-dosamu. Semoga Idul Fitri yang telah Anda rayakan dengan hikmat akan menjadi pahala kebaikan bagimu sendiri dan bagi kami semua pada hari kita kembali ke fitrah atau kodrat kita yang mulia.

Bersama Pengurus Yayasan Pendidikan Katholik Arnoldus (YAPENKAR), para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, dan Sekprodi, para dosen dan pegawai, serta segenap mahasiswa/i UNWIRA, saya menyampaikan “SELAMAT MERAYAKAN IDUL FITRI AL-MUBARAK 01 SYAWAL 1444 HIJRIYAH BAGIMU MAHASISWA/I DAN SANAK KERABAT MUSLIMIN DAN MUSLIMAT YANG MERAYAKANNYA”.

Nusali ba’duna bi ba’din (Kita saling mendoakan).

Kupang, 20 April 2023

 

P. Dr. Philipus Tule, SVD (Rektor)

Notes: Dosen dan mahasiswa/i yang beragama Islam diundang untuk mengikuti kegiatan halal bi halal pada tanggal 29 April 2023 di Ballroom St. Hendrikus, Gedung Rektorat Lantai IV, Kampus Penfui, pukul 16.00 atau jam 4 sore.