19 May 2023 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Kerja Sama dengan Lembaga Lain

Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Jurnal, UNWIRA Kerja Sama dengan RJI


UNWIRA – Melalui UNWIRA Press dan dalam kerja sama dengan Relawan Jurnal Indonesia (RJI), Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang membuka kegiatan Intensive Training on Management Using Open System 3 Version, pada Jumat (19/05/2023).

Baca juga: Diskusi tentang Politik Identitas, UNWIRA Hadirkan Dr. Boni Hargens, Dr. Budhy Munawar-Rachman, dan Dr. Norbertus Jegalus

Bertempat di Ballroom St. Hendrikus, Gedung Rektorat Lantai IV, Kampus Penfui, kegiatan tersebut dihadiri dan diikuti oleh Pengelola Jurnal dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) yang ada di wilayah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam sambutan pembuka, Dr. Arbain, S.Pd., M.Pd., Ketua Pengurus Pusat RJI, mengatakan bahwa RJI terus berupaya untuk membangun pengembangan jurnal di Indonesia.

Baca juga: PISMA VII Resmi Dibuka, Ketua Pengurus Yapenkar dan Rektor UNWIRA Persembahkan Fasilitas Baru

“Pada prinsipnya, kami membantu pemerintah untuk menyebarluaskan tata kelola jurnal yang baik. Oleh karena itu, kami ingin menjalin komunikasi dengan PT di NTT untuk menaikkan peringkat jurnal-jurnal di NTT, khususnya yang berkaitan dengan akreditasi dan indeksasi jurnal,” tutur Bapak Arbain.

Sementara itu, Bapak Dr. Reginaldo Christophori Lake, ST., MT., Ketua UNWIRA Press, menginformasikan bahwa hanya belasan jurnal di NTT yang telah terakreditasi dan salah satunya ialah Jurnal Arteks dari Program Studi Arsitek UNWIRA yang telah terakreditasi Sinta 2.

Baca juga: Peringati Hardiknas, UNWIRA Laksanakan Upacara Bendera

“Hanya belasan jurnal yang terakreditasi, padahal jurnal-jurnal di NTT tidak kalah berkualitas dengan jurnal-jurnal di luar NTT,” tegas Dosen Program Studi Arsitektur UNWIRA yang biasa disapa Bapak Egi Lake.

Melalui workshop ini, Bapak Egi Lake berharap pengelolaan jurnal ke depannya semakin baik.

Senada dengan Bapak Egi Lake, Rektor UNWIRA, Pater Dr. Philipus Tule, SVD memberikan dukungannya untuk kegiatan Intensive Training on Management Using Open System 3 Version.

Baca juga: Rayakan Idul Fitri 1444 Hijriah, Mahasiswa/i Muslim UNWIRA Kunjungi Panti Asuhan

“Lewat bimbingan teknis ini, kita berharap pengelolaan jurnal bisa mencapai akreditasi sesuai dengan harapan PT dan masyarakat," ungkap Rektor UNWIRA yang biasa disapa Pater Lipus.

Diwakili oleh Rektor UNWIRA, Pater Lipus dan Ketua Pengurus Pusat RJI, Bapak Arbain, UNWIRA dengan RJI menandatangani Memorandum of Understanding (MoU).

Di samping itu, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Filsafat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan RJI.

Pada sesi pertama, dengan topik ‘Problematika Pengelolaan Jurnal di Indonesia’, Bapak Arbain menjelaskan 7 (tujuh) tantangan pengelolaan jurnal, di antaranya: 1) Sumber Daya Manusia (SDM) Terbatas; 2) Kualitas Naskah; 3) Sulit Mencari Naskah; 4) Proses Review yang Lama; 5) Proses Revisi Author yang Lama; 6) Penulis Tidak Mengerti OJS; dan 7) Editor Terbatas.

Perihal SDM yang terbatas, Bapak Arbain menjelaskan bahwa hal itu dapat disebabkan oleh peran pengelola jurnal yang masih menjabat sebagai dosen, sehingga pengelolaan jurnal ini masih dianggap sebagai tugas sampingan.

Baca juga: Pesan Rektor UNWIRA bagi Mahasiswa/i Muslimin dan Muslimat untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri al-Mubarak 1444 Hijriyah

Selanjutnya, pada sesi kedua, dengan mengangkat topik ‘Peranan Editor dan Reviewer dalam Pengelolaan Jurnal’, Bapak Arbain, dosen Universitas Widya Gama Mahakam (UWGM) Samarinda, menyampaikan bahwa ada 4 (empat) pertimbangan dalam memilih editor, di antaranya asal institusi editor, spesialisasi bidang ilmu, jenis kontribusi publikasi jurnal, serta pertimbangan peran editor.

Pada sesi terakhir, Bapak Arbain, Associate Editor DOAJ, menjelaskan panduan praktis indeksasi Directory of Open Access Journals (DOAJ) dan pendanaan dalam pengelolaan jurnal.

Baca juga: Mahasiswa/i Muslim UNWIRA Selenggarakan Halal Bihalal Idul Fitri 1444 Hijriah

Salah satu pengelola jurnal dari Universitas Nusa Cendana (UNDANA), Program Studi Ilmu Komunikasi, Felisianus Efrem Jelahut, S.Fil., M.I.Kom, mengemukakan bahwa kegiatan ini sangat penting, khususnya untuk para pengelola jurnal di setiap PT.

“Kegiatan ini bermanfaat untuk tenaga kependidikan dan dosen, terutama untuk para pengelola jurnal, agar mampu meningkatkan kemampuannya dalam mengelola jurnal, sehingga dapat terakreditasi,” ungkap Bapak Felisianus Efrem Jelahut, S.Fil., M.I.Kom.

Baca juga: Mahasiswa/i Muslim UNWIRA Kunjungi Panti Asuhan Katolik Sonaf Maneka Kupang

Menurut Felisianus Efrem Jelahut, kegiatan pelatihan pengelolaan jurnal ini memiliki banyak manfaat dan selaras dengan arahan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, khususnya bagi dosen di tingkat Universitas karena wajib melakukan riset dan publikasi penelitian setiap tahun.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari dengan tujuan akhir untuk mencapai peningkatan kualitas publikasi artikel ilmiah ke jurnal, serta meningkatkan kualitas sumber daya pengelola jurnal secara holistik,” pungkas Bapak Egi Lake.

(Penulis: Ocha Saru; Editor: Ricky Mantero)