11 October 2023 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Kegiatan Khusus Kampus

Universitas Katolik Widya Mandira Tingkatkan Layanan Perpustakaan


UNWIRA – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Pusat Universitas Katolik Widya Mandira melaksanakan Sosialisasi Penelusuran Sumber Informasi yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting, pada Rabu (11/10/2023).

Baca Juga: Program Studi Biologi UNWIRA Gelar Kuliah Umum

Sosialiasi tersebut menghadirkan dua pemateri, yakni Damianus Dami, S.Ptk., Kepala Bagian Pelayanan, yang membawa materi tentang “Cara Akses Katalog Online (OPAC) dan Akses Repositori, dan Krispianus Alberto Kila, S.Pd., Staf Bagian Pelayanan, yang membahas tentang “Akses E-Book (E-Library UNWIRA Kubuku) dan E-Journal”.

Silvester Suhendra, S.Ptk., Kepala UPT Perpustakaan Pusat UNWIRA, menyampaikan bahwa tujuan dari sosialiasi tersebut ialah untuk membiasakan pemustaka dengan layanan online perpustakaan, sejalan dengan adanya transformasi UPT Perpustakaan Pusat menjadi perpustakaan hybrid, di mana perpustakaan memberikan pelayanan secara secara konvensional maupun online.

Baca Juga: Fakultas Sains dan Teknologi UNWIRA Adakan Kuliah Umum

“Sebenarnya, kami sering memberikan sosialisasi tentang layanan online ini kepada pemustaka yang berkunjung langsung ke perpustakaan, tetapi kami menyadari bahwa itu masih belum merata, sehingga kami berinisiatif untuk mengadakan sosialisasi ini dengan harapan agar informasinya dapat tersebar luas dan menjangkau seluruh Civitas Academica UNWIRA,” pungkasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa UPT Perpustakaan Pusat telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan minat pemustaka khususnya mahasiswa/i UNWIRA untuk berkunjung ke perpustakaan, salah satunya melalui Duta Perpustakaan.

“Mahasiswa yang aktif berkunjung ke perpustakaan, kami pilih sebagai Duta Perpustakaan, dengan harapan ia dapat memberikan informasi seputar perkembangan dan layanan yang ada di perpustakaan kepada sesama mahasiswa,” tuturnya.

Baca Juga: Peringati Bulan Rosario, Campus Ministry Gelar Living Rosary

Kendatipun demikian, menurut Silvester, masih ada kendala dalam mendorong pemustaka untuk memanfaatkan layanan online yang sudah tersedia, dikarenakan pemustaka masih terbiasa menggunakan layanan konvensional.

UPT Perpustakaan Pusat, lanjutnya, akan terus berupaya untuk merespons setiap umpan balik yang diberikan oleh pemustaka.

(Penulis: Ocha Saru; Editor: Rio Ambasan)