07 March 2024 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat

Mahasiswa Biologi UNWIRA Sukses Menyelesaikan KKN di Belo


UNWIRA - Program Studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Katolik Widya Mandira menarik kembali tiga mahasiswa yang telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama dua bulan di Kelurahan Belo, pada Selasa (05/03/2024).

Tiga mahasiswa Program Studi Biologi tersebut menjalankan tiga program, yakni pemetaan sumber daya alam, pendataan stunting, dan pelayanan administrasi di Kelurahan Belo.

Menurut Yulita Iryani Mamulak, S.Si., M.Sc., Sekretaris Program Studi Biologi, KKN merupakan bagian penting dari kurikulum pendidikan tinggi untuk memungkinkan mahasiswa berinteraksi dengan masalah nyata di masyarakat serta mengembangkan kemampuan untuk menemukan solusi yang tepat.

"Kami berharap mahasiswa mampu mengaplikasikan teori yang diperoleh dan peka terhadap apa yang terjadi di sekitar mereka, sehingga mereka bisa menemukan masalah dan mencari solusi atas permasalahan tersebut," jelasnya.

Lebih lanjut, Yulita Iryani Mamulak menekankan bahwa kegiatan KKN tidak hanya memiliki dampak positif bagi mahasiswa, tetapi juga untuk pengembangan program studi secara keseluruhan.

“Kegiatan KKN ini akan dievaluasi oleh dosen pembimbing lapangan, sehingga diketahui hal-hal apa saja yang dapat menjadi masukan bagi prodi untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ke depannya,”  terangnya.

Selain KKN, Program Studi Biologi juga menjalin kerja sama dengan Kelurahan Belo dalam berbagai kegiatan pelatihan dan pengabdian masyarakat.

(Penulis: Yosefa Saru)