22 April 2024 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Kegiatan Mahasiswa

Mahasiswa UNWIRA Raih Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Riset Eksakta Tahun 2024


UNWIRA – Program Studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Universitas Katolik Widya Mandira, berhasil meraih pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang 8 Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, pada 19 April 2024, UNWIRA berhasil meraih pendanaan untuk 2 (dua) judul penelitian pada bidang Riset Eksakta (PKMRE) dengan judul “Desain Biofilter dengan Memanfaatkan Limbah Organik untuk Menurunkan Fecal Coliform Pada Sumber Mata Air Merbaun” dan “Jenis Pohon Bioindikator Kualitas Mata Air di Daerah Semi Arid”.

Baca Juga: Mahasiswa Peer Ministry UNWIRA Adakan Kunjungan ke Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Al-Hikmah (Asshiddiqie)

Dosen pendamping PKM, Chatarina G. Semiun, S.Si., M.Si., mengatakan bahwa kedua penelitian tersebut dikembangkan dari tugas akhir mahasiswa Program Studi Biologi semester 8.

“Ide penelitian berasal dari proposal mahasiswa semester 8 yang kemudian kami kembangkan sesuai dengan kajian yang dipilih,” ungkapnya.

Chatarina G. Semiun juga menambahkan bahwa penyusunan proposal mengacu pada pedoman PKM. Dalam prosesnya, ia mengaku tidak mengalami banyak kendala selain menyesuaikan waktu dengan mahasiswa dan mengecek kesesuaian proposal dengan pedoman.

“Kami mengalami sedikit kendala untuk menyusun proposal karena peran saya sebagai dosen sekaligus ketua program studi dan mahasiswa juga masih memiliki mata kuliah yang harus diikuti. Namun, kami bisa mengatasinya dengan baik. Selain itu, sebagai dosen pendamping, saya harus betul-betul teliti untuk melihat apakah proposalnya sudah sesuai dengan format. Setelah saya cek, saya kembalikan kepada mahasiswa untuk direvisi,” terangnya.

Baca Juga: Program Studi Biologi UNWIRA Sosialisasikan Penanganan Masalah Stunting di Desa Baumata Timur

Terkait rencana tindak lanjut, Chatarina G. Semiun mengatakan telah berkoodinasi antartim dan melibatkan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UNWIRA.

“Setelah kami tahu kami lolos, kami mempersiapkan semua hal yang kami butuhkan sebelum turun ke lapangan untuk mengambil sampel dan semuanya itu disesuaikan dengan jadwal. Di tingkat ini, kami juga meminta Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan untuk membantu kami dalam persiapannya” jelasnya. 

Chatarina G. Semiun berharap kedua tim yang lolos dapat melaksanakan penelitiannya dengan baik dan tepat.

“Harapan saya, kedua tim bisa melaksanakan penelitiannya dengan baik dan tepat sesuai dengan ketentuan dari pihak Belmawa,” tandasnya.

(Penulis: Yosefa Saru)