13 May 2024 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Kegiatan Khusus Kampus

FISIP UNWIRA SUKSESKAN PEMIRA


UNWIRA - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Katolik Widya Mandira sukses menggelar Pemilihan Umum Raya (PEMIRA), di halaman Gedung FISIP UNWIRA, pada Rabu (08/05/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian PEMIRA, yang dimulai dari kampanye kandidat dan debat kandidat untuk memilih ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) yang baru.

Pemilihan tersebut tidak hanya dilakukan secara langsung, tetapi juga secara daring melalui link google form yang disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM).

Baca Juga: Fakultas Hukum UNWIRA Raih Peringkat 1 dalam Lomba Debat Regional NTT

Sebanyak 720 mahasiswa turut serta dalam pemilihan tersebut melalui 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disediakan oleh KPUM dan kepanitiaan.

Hasil perhitungan suara menunjukkan bahwa pasangan calon nomor urut 1, Persin Nao dan Helena Brin, berhasil memenangkan pemilihan calon ketua BEM dengan meraih suara terbanyak. Sementara itu, pasangan calon nomor urut 2, Nas Raga dan Nansi Jebaru, berhasil memenangkan pemilihan calon Ketua HMPS Administrasi Publik.

Ketua KPUM, Atnasius Sogen, mengungkapkan apresiasinya atas jalannya PEMIRA yang dinilai cukup demokratis, di mana para pemilih dan yang dipilih dapat memberikan suara dan menentukan pilihan mereka secara adil dan bebas dari segala bentuk kecurangan.

“Dari proses ini terjadi pergantian pemimpin yang adil, jujur, bebas, langsung dan terhindar dari segala bentuk kecurangan sesuai dengan asas pemilu yaitu Luberjudil," pungkasnya.

Baca Juga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNWIRA Gelar Debat Kandidat Calon Ketua BEM dan HMPS

Sementara itu, Ketua BEM FISIP UNWIRA, Rudolfus, turut mengapresiasi partisipasi aktif seluruh mahasiswa FISIP UNWIRA  dalam PEMIRA.

“Terima kasih kepada ketua KPUM, panitia, dan seluruh pemilih maupun para kandidat yang telah mengambil peran sampai terselesainya pemilihan ini. Pada akhir kepemimpinan saya ini, saya berharap agar para kandidat yang terpilih bisa menjalankan tugas sebagai seorang pemimpin dengan semestinya dan juga bisa melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada pada kepemimpinan sebelumnya," tutupnya.

(Penulis: Jefri Seran; Editor: Yosefa Saru)