26 June 2024 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Kegiatan Khusus Kampus

Campus Ministry UNWIRA Bina Kerohanian Mahasiswa Melalui Camping Rohani


UNWIRA - Campus Ministry Universitas Katolik Widya Mandira mengadakan kegiatan Camping Rohani bagi mahasiswa UNWIRA di Taman Ziarah Oebelo. Kegiatan yang diadakan selama tiga hari, yakni 21 – 23 Juni 2024 ini diikuti oleh mahasiswa anggota Peer Ministry yang merupakan perwakilan dari setiap program studi di UNWIRA.

Kegiatan ini diisi dengan pembinaan rohani berupa meditasi, refleksi, sharing kelompok, perayaan Ekaristi, outbond, dan dinamika-dinamika rohani lainnya.

Baca Juga: Campus Ministry Gelar BIDMA IV

Pater Ronny Dae Soro, SVD., Koordinator Campus Ministry, mengatakan bahwa kegiatan Camping Rohani merupakan momen bagi mahasiswa Peer Ministry untuk membangun keakraban satu sama lain dan membina kerohanian.

Camping rohani sengaja dibuat di akhir tahun akademik untuk memperkuat komitmen mahasiswa Peer sebagai pelayan kerohanian dan garda terdepan kegiatan-ketiatan pembentukan karakter mahasiswa,” ungkapnya.

Peer Ministry, lanjut Pater Ronny, perlu mendapat perhatian khusus agar dapat menjadi panutan di tingkat prodi dan fakultas serta mampu menggerakkan mahasiswa lain dalam kegiatan rohani dan pembinaan karakter.

Baca Juga: Campus Ministry UNWIRA Adakan Aksi Sosial di TPA Alak

Adapun tema Camping Rohani kali ini ialah, “Mahasiswa dan Kepemimpinan Diri”. Koordinator kegiatan, Fr. Paul Tukan, SVD., menjelaskan bahwa tema ini diambil sebagai bahan refleksi karena kepemimpinan selalu dimulai dari diri sendiri.

Peer Ministry harus mampu memimpin diri sendiri lebih dulu sebelum menjadi pemimpin bagi yang lain di Prodi dan Fakultas,” terangnya.

Camping Rohani ditutup dengan upacara api unggun pada Sabtu malam, diikuti dengan perayaan Ekaristi bersama pada Minggu pagi.

Salah satu peserta, Chandra Wanda dari Program Studi Pendidikan Musik mengungkapkan kegembiraanya mengikuti Camping Rohani. Menurutnya, kegiatan ini membantunya untuk mengenal sesama mahasiswa dan mengenal diri sendiri.

“Bentuk-bentuk kegiatan ini sangat membantu kami untuk saling mengenal satu sama lain. Refleksi dan sharing juga membantu kami mengenal diri sendiri dengan lebih baik,” ungkapnya.

Baca Juga: Perkuat Ikatan Alumni, UNWIRA Gelar Alumni Gathering

Chandra berharap, kegiatan ini bisa diikuti oleh lebih banyak mahasiswa UNWIRA dengan bergabung dalam Peer Ministry.

“Saya ingin mengajak teman-teman mahasiswa UNWIRA untuk bergabung dalam Peer Ministry. Banyak kegiatan positif yang bisa membantu perkembangan diri kita,” pungkasnya.

(Penulis: Yosefa Saru)