Pembuatan bahan perkuliahan Audio Visual

Materi Perkuliahan Audio Visual

Materi Perkuliahan Audio Visual

Dipelopori oleh Jurusan KIMIA FMIPA UNIKA Widya Mandira, para dosen mulai membuat bahan perkuliahan dalam format Audio Visual (Film). Adapun tujuan pembuatan bahan perkuliahan dalam bentuk film ini adalah untuk meningkatkan layanan kepada para mahasiswa, sehingga mereka dengan mudah dapat melihat kembali perkuliahan yang telah berlangsung, dan dapat melihat terlebihdahulu film perkuliahan tertentu dan lebih siap dalam mengikuti perkuliahan selanjutnya. Pembuatan bahan perkuliahan ini relatif sangat mudah, yaitu hanya dengan menggunakan Screen Recorder berbayar ataupun Gratis / Free Open Source yang dapat diambil dari Internet. Film hasil rekaman tersebut kemudian ditempatkan di youtube sehingga mudah diakses dari berbagai pelosok yang terhubung dengan Internet. Beberapa contoh link film yang telah diproduksi oleh Jurusan KIMIA dapat diakses dari daftar berikut ini:

  1. Kuliah Senyawa Organometalik
  2. Kuliah Mekanisme Reaksi Esterifikasi
  3. Kuliah Reaksi Oksidasi Alkohol
  4. Kuliah Alkilhalida Bimolekular
  5. Kuliah Metode Penelitian

Kegiatan ini juga diikuti oleh dosen dari program studi lainnya seperti Teknik Informatika yang juga mulai merekam berbagai materi perkuliahan seperti beberapa link di bawah ini:

  1. Kuliah ShellScript Linux User Interface bagian Tiga
  2. Kuliah ShellScript Linux User Interface bagian dua
  3. Kuliah ShellScript Linux User Interface bagian satu
  4. Kuliah ShellScript Linux While Loop Case
  5. Kuliah ShellScript Linux Nested Loop

Melalui penyediaan materi perkuliahan dalam bentuk audio visual yang ditempatkan pada youtube, maka pemanfaatan sarana Teknologi Informasi untuk mendukung proses perkuliahan lebih ditingkatkan lagi dan masyarakat umum yang tidak mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan tinggi dapat menggunakan film edukasi tersebut secara gratis. Selanjutnya akan semakin banyak diproduksi film edukasi berdasarkan matakuliah yang disampaikan di ruang perkuliahan. Demikian disampaikan oleh Bapak Maximus M.T.MSi, pencetus kegiatan ini.

Temu Wicara Regional Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Bali-Nusra

Temu Wicara

Temu Wicara

Pada tanggal 11-18 Desember 2013, Jurusan Teknik Sipil Unwira menjadi tuan rumah Temu Wicara Regional Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Bali-Nusra. Acara dimaksud dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Kupang, Dr. Herman Man dan dihadiri oleh Rektor Unwira, P. Yulius Yasinto SVD. Dalam temu wicara tersebut diangkat tema: Melalui Temu Wicara FKMTS Bersama Kita Wujudkan Teknik Sipil yang Tanggap dan Kreatif di Era Globalisasi. Temu Wicara dihadiri oleh perwakilan mahasiswa Teknik Sipil dari Bali, NTB dan NTT.

ACI NUS Singapore Conference dan Penandatanganan MOU Unwira-ACI

MoU dengan NUS

MoU dengan NUS

Pada tanggal 25-27 November 2013, Unwira berpartisipasi dalam Konferensi Internasional yang diselenggarakan oleh Asia Competitiveness Institute (ACI), Lew Kuan Yew School of Public Policy, Nasional University of Singapore (NUS) yang diselenggarakan di Swisotel, Rafless Town, Singapore. Unwira adalah satu-satunya perguruan tinggi swasta dari antara 33 perguruan tinggi dari 33 provinsi di Indonesia yang digandeng oleh NUS untuk bekerjasama dalam penelitian-penelitian dan survey di bidang pembangunan ekonomi dan kebijakan publik di Indonesia. Dalam konferensi tersebut, dipresentasikan hasil dari survey indeks daya saing 33 Provinsi Indonesia yang dilakukan pada tahun 2012. Pada kesempatan yang sama dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding untuk kerjasama antara Unwira dan ACI dalam bidang penelitian dan survey kebijakan publik di Indonesia. MOU ditandatangani oleh Rektor Unwira, P. Yulius Yasinto SVD dan Prof. The Giap, Direktur ACI, disaksikan oleh Menteri Perdagangan Singapura.

October 2014
M T W T F S S
« Mar    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031