19 July 2022 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Kerja Sama

Untrib Kalabahi dan Unwira Kupang Bangun Kerja Sama Universitas


Untrib Kalabahi dan Unwira Kupang Bangun Kerja Sama Universitas

Perwakilan Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi dan Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan pertemuan di Ruang Rapat Rektorat Unwira Kupang pada Selasa (19/07/2022).

Untrib Kalabahi diwakili oleh Wakil Rektor III, Bapak Zakarias A. Mautuka, ST, M.Si., bersama staf dosen yang sempat hadir. Sementara itu, Unwira Kupang diwakili oleh Ibu Dr. Priscilla M. Assis Hornay, MA., M.Ed., selaku Kepala Kantor Kerja Sama Unwira Kupang, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Bapak Aloysius J. Fernandez, S.Si., M.Si., Ketua Program Studi Kimia, Ibu Getreda Latumakulita, S.Si., M.Sc., Ketua Program Studi Ilmu Komputer, Ibu Paulina Aliandu, S.T., M.Cs., dan Sekretaris Program Studi Ilmu Komputer, Bapak Frengky Tedy, S.T., M.T.

Baca juga: Dosen Unwira Kupang Beri Ceramah tentang Kitab Suci untuk Para Pelajar di Timor Leste

Pertemuan itu bertujuan untuk membahas penjajakan kerja sama yang akan dilakukan oleh kedua universitas, khususnya dalam membangun dan mengembangkan kerja sama ilmiah di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat antara kedua lembaga. Hal itu sudah disepakati dan dinyatakan juga dalam Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman yang dibuat oleh kedua belah pihak.

Secara khusus, program kegiatan yang akan dibuat mencakup pengembangan program perkuliahan dan pendidikan; pertukaran mahasiswa untuk studi dan penelitian; pertukaran profesor dan peneliti untuk penelitian, ceramah, dan diskusi; pertukaran informasi, termasuk pertukaran bahan pustaka dan penelitian; manajemen dan publikasi jurnal bersama; konferensi, seminar, dan lokakarya bersama; serta kegiatan mahasiswa bersama.

“Kami berharap semua kegiatan itu bisa dilaksanakan,” kata Wakil Rektor III Untrib Kalabahi, Bapak Zakarias A. Mautuka, ST, M.Si.

“Saya juga berharap kerja sama ini tidak sekadar MoU, tetapi harus direalisasi dan didukung dengan kegiatan beserta laporannya. Saya juga meminta kita sekalian untuk memberikan gambaran kerja sama yang jelas,” timpal Kepala Kantor Kerja Sama Unwira Kupang, Dr. Priscilla M. Assis Hornay, MA., M.Ed.

Alhasil, semuanya itu sudah ditindaklanjuti dengan membentuk tim koordinasi untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam menindaklanjuti kesepakatan yang bersifat teknis.