03 August 2022 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat

Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Lakukan Sosialisasi dan Membagikan Abate di Desa Alas Selatan


Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Lakukan Sosialisasi dan Membagikan Abate di Desa Alas Selatan

UNWIRA - Mahasiswa/i Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT-PPM) semester genap tahun akademik 2021/2022 melakukan sosialisasi sekaligus membagikan Abate kepada masyarakat di Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, pada Selasa (2/08/2022). Sosialisasi dan pembagian Abate itu merupakan salah bentuk pengabdian mahasiswa/i Unwira kepada masyarakat.

Baca juga di Pos Kupang: Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang Sosialisasi dan Pembagian Abate di Desa Alas Selatan

Kegiatan mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira ini mengusung tema 'Bunuh Jentik Nyamuk agar Keluarga Sehat'.

Kegiatan sosialisasi itu melibatkan aparatur daerah setempat dan seluruh masyarakat Desa Alas Selatan.

Kegiatan itu diawali dengan sosialisasi tentang dampak buruk pertumbuhan jentik nyamuk bagi kesehatan masyarakat dan cara menanggulanginya.

Lalu, kegiatan itu dilanjutkan dengan pembagian Abate kepada masyarakat. Tercatat ada 4 (empat) dusun yang menerima bantuan Abate, antara lain: Dusun Raimanuk 1, Raimanuk 2, Dusun Lalebun, dan Dusun Metamauk Oan yang memiliki sumur utama terbanyak.

“Saya sangat senang dengan kehadiran mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira di desa kami, terutama di dusun ini. Sebab, saat musim hujan tiba, ada banyak nyamuk dan banyak warga saya yang sering mengalami  sakit malaria," kata Vincensius Manek, Kepala Dusun Lalebun.

Harapannya, lanjut Vincensius Manek, dengan adanya sosialiasi yang dilakukan oleh mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira, masyarakat bisa lebih memahami tentang cara penyebaran Abate di sumur, supaya Abate itu mampu mematikan jentik-jentik nyamuk, sehingga masyarakat dapat terhindar dari penyakit demam berdarah.

Baca juga: UNTRIB Kalabahi dan UNWIRA Kupang Buat PKS untuk Prodi Matematika dan Kimia

Sementara itu, Kristiandy Keno Mau, mahasiswa KKNT-PPM Unwira sekaligus Koordinator Lapangan (Korlap),  mengatakan bahwa mereka sudah melakukan survei lokasi untuk melihat potensi sumur utama sebelum membagikan Abate kepada masyarakat.

"Harapan kami, Abate yang dibagikan dapat mengatasi dan memberantas jentik-jentik nyamuk di desa ini," ujar Kris.

Menurut Kris, sosialisasi dan pembagian Abate ini merupakan langkah bagus yang dilakukan oleh pihak kampus Unwira. Sebab, dengan melihat permasalahan yang terjadi di lapangan, pihak kampus Unwira dapat memberikan solusi untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi di lapangan.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak kampus Unwira karena telah mengadakan kegiatan yang luar biasa ini. Semoga ke depannya, mahasiwa/i KKNT-PPM Unwira tetap datang dan selalu memberikan perubahan bagi kami semua,” tutur Arnold, Kepala Dusun Metamauk Oan.

Baca juga: Sebanyak 1.668 Mahasiswa/i Baru Unwira Ikut PKKMB

Setelah menyelesaikan kegiatan sosialiasi, mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira langsung menyerahkan dan menyebarkan Abate di salah satu sumur Dusun Lalebun.