19 July 2022 - Oleh Kantor Kerjasama

Kategori : Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat

Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Ajak Masyarakat Produksi Sayur


Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Ajak Masyarakat Produksi Sayur

UNWIRA – Mahasiswa/i peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT-PPM) dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang sudah menggelar kegiatan di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata sejak tanggal 13 Juli 2022. Mahasiswa/i peserta KKNT-PPM semester genap tahun ajaran 2021/2022 ini mengusung tema “Unwira Mengabdi untuk Penguatan Ekonomi dan Sumber Daya Manusia (SDM) NTT”. Salah satu sasaran kegiatan dari mahasiswa/i peserta KKNT-PPM Unwira Kupang ialah penguatan BUMDes.

Baca juga di Pos Kupang: Ajak Masyarakat Produksi Sayur, Mahasiswa KKN Unwira Kupang Desa Laranwutun Beri 25 Jenis Bibit

Untuk itu, mahasiswa/i peserta KKNT-PPM Unwira Kupang memberikan bantuan 25 jenis bibit sayur kepada warga Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, pada Selasa (19/07/2022). Mahasiswa/i peserta KKNT-PPM Unwira Kupang yang berjumlah 16 orang juga mengajak warga Desa Laranwutun untuk menjadikan Laranwutun sebagai desa penghasil sayur-sayuran.

Baca juga: Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Bakti Sosial di Desa Laranwutun - Lembata

Bentuk konkret kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa/i peserta KKNT-PPM Unwira Kupang ialah pembuatan bedeng persemaian bibit sayur di rumah warga Desa Laranwutun. Kegiatan pembuatan bedeng tersebut dilakukan pertama kali di pekarangan rumah Kepala Desa Polikarpus Demon.

“Nantinya, bibit sayur yang tumbuh akan dipindahkan ke media tanam berupa ember plastik bekas,” kata Polikarpus.

“Kegiatan ini merupakan bentuk ajakan terhadap warga desa Laranwutun untuk menjadikan halaman rumah yang masih cukup luas sebagai tempat yang dapat menghasilkan sayur segar,” tutur Charolus Renggo, ketua kelompok KKNT-PPM Unwira Kupang yang berasal dari Program Studi Pendidikan Musik.

Baca juga:Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Beri Bimbel untuk Anak-anak di SD GMIT Nefo - Kabupaten Kupang