22 July 2022 - Oleh Kantor Kerja Sama Unwira

Kategori : Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat

Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Giatkan Literasi di SDI Duarato


Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Giatkan Literasi di SDI Duarato

UNWIRA – Ada beberapa mahasiswa/i Kuliah Kerja Nyata Tematik – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT-PPM) Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang yang melaksanakan KKNT-PPM di Desa Duarato, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan KKNT-PPM itu berlangsung selama satu bulan, terhitung sejak 13 Juli 2022 sampai dengan 13 Agustus 2022.  Kegiatan KKNT-PPM itu diikuti oleh mahasiswa/i Unwira Kupang sebanyak 16 orang.

Baca juga di Pos Kupang: Mahasiswa KKNT Literasi Unwira Mandira Kupang Gelar KKN di Desa Duarato

Salah satu hal yang diperhatikan dalam kegiatan KKNT-PPM ini ialah peningkatan literasi anak usia sekolah dasar (SD) di Desa Duarato. Peningkatan literasi anak SD ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Inpres (SDI) Duarato pada Kamis (20/07/2022). Kegiatan literasi ini menjadi salah satu bagian dari program Aman Calistung (Adikku Mantap Membaca, Menulis, dan Berhitung). Kegiatan literasi itu diikuti oleh tujuh orang siswa kelas IV.

Terlebih dahulu, kegiatan dimulai dengan mengajarkan anak-anak kelas IV materi membaca, menulis, dan berhitung. Kemudian, anak-anak kelas IV diberikan tugas untuk dikerjakan di rumah dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya. Rencananya, kelas yang lain akan diajarkan pada hari yang berbeda setelah pengajaran terhadap kelas IV selesai.

Baca juga: Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang Bagikan Abate Gratis di Desa Pamakayo, Flores Timur

Kedatangan mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang ke SDI Duarato disambut antusias oleh kepala sekolah, guru, dan jajaran staf. Kehadiran mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang diharapkan dapat menambah wawasan dan pengalaman siswa/i SDI Duarato di bidang literasi.

“Kami berharap, kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini saja. Kegiatan ini harus terus berlanjut setelah program KKNT-PPM berakhir. Kegiatan ini perlu menjadi hal yang dapat membentuk kepribadian dari anak-anak di sini,” tutur Rigo, Ketua KKNT-PPM di Desa Duarato.

Baca juga: Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira Kupang akan Gelar Gebyar Aman Calistung